TURUNNYA TEKANAN POMPA HIDROLIK HATCH COVER SAAT PROSES BONGKAR MUAT DI MV. INTAN BARUNA

PRADANA, DEFRI RESPATI (2023) TURUNNYA TEKANAN POMPA HIDROLIK HATCH COVER SAAT PROSES BONGKAR MUAT DI MV. INTAN BARUNA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811236930T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811236930T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811236930T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811236930T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (551811236930T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811236930T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (309kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Pradana, Defri Respati, NIT. 551811236930 T, 2022, “Turunnya tekanan pompa hidrolik hatch cover saat proses bongkar muat di MV Intan Baruna”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Dosen Pembimbing (I): Dr. Andy Wahyu Hermanto, ST, MT., Pembimbing (II): Mohammad Sapta Heriyawan, S.Kom , M.si. Hidrolik Hatch Cover merupakan komponen yang berguna mengubah energi mekanik menjadi energi hidrolik dengan cara menekan fluida hidrolik ke dalam sistem. Pompa ini digerakan dengan menggunakan elmot atau mesin yang dihubungkan dengan menggunakan sistem kopling. Sistem kopling yang di gunakan dapat berupa belt, roda gigi, atau sistem flexible elastromeric. Sistem hidrolik ini banyak digunakan pada windlass, hatch cover pump, crane, stearing gear dan masih banyak lagi. Alat ini berfungsi untuk menutup lubang palka (cargo hold) kapal dan untuk melindungi muatan di dalamnya dari air laut maupun dari air hujan yang bisa masuk ke dalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab turunnya tekanan minyak pada pompa hidrolik hatch cover dan untuk mengetahui dampak turunnya tekanan minyak pada pompa hidrolik hatch cover. Metode penelitian yang digunakan adalah gabungan dari metode Fishbone dan metode SHEL (software, hardware, environment, liveware). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi secara langsung terhadap subyek yang berhubungan dengan faktor dan dampak mengenai turunnya tekanan pompa hidrolik hatch cover saat proses bongkar muat di MV. Intan Baruna. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif sehingga diperoleh faktor penyebab yaitu, Pelaksanaan jadwal maintenance yang tidak sesuai, kotornya filter pompa, kotornya tangki hidrolik hatch cover, terdapatnya gram (kotoran) sisa hasil pengelasan dijalur pipa dan dampak yaitu, tidak maksimal kinerja pompa hidrolik hatch cover, kotoran akan menumpuk di dalam filter, mengendapnya kotoran di dalam dasar tangki dan tersumbatnya aliran minyak lumas hidrolik hatch cover. Kata kunci: Tekanan pompa ,Hidrolik hatch cover, metode kualitatif, teknik analisa Fishbone dan SHEL

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Tekanan pompa ,Hidrolik hatch cover, metode kualitatif, teknik analisa Fishbone dan SHEL
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 30 Mar 2023 06:52
Last Modified: 30 Mar 2023 06:52
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4719

Actions (login required)

View Item View Item