AJENG, MALLIRA (2023) STRATEGI MENGHINDARI CUACA EKSTREM DI LAUT CHINA SELATAN PADA KAPAL MV. SEGARA MAS. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811136759N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811136759N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811136759N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811136759N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (551811136759N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811136759N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (279kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Mallira, Ajeng, 55181136759 N, 2023, “Strategi Menghindari Cuaca Ekstrem di Laut China Selatan Pada Kapal MV. Segara Mas”, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Tri Krismantoro, M.M, M.Mar. Pembimbing II: Awel Suryadi, S.ST., M.Si Semua kapal yang akan berlayar memiliki risiko menghadapi kecelakaan, penyebabnya adalah faktor alam, faktor kelalaian manusia, dan faktor lingkungan dan faktor peralatan. Cuaca buruk merupakan faktor alam yang seharusnya dapat dicegah dengan melakukan pelatihan yang mencakup kesiapan awak kapal dan kondisi kapal dalam menghadapi cuaca buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi untuk menghindari cucaca estrem dan untuk mengetahui bagaimana kesiapan crew kapal dan muatan saat terjadinya cuaca ekstrem Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana data yang didapatkan melalui observasi langsung diatas kapal, wawancara dengan narasumber terkait dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisa, hasil analisa kemudian diuraikan untuk menjawab permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini. Melalui hasil analisa dan pembahasan strategi yang dilakukan untuk menghindari cuaca buruk adalah dengan pengontrolan kemudi manual metode zig-zag guna mempertahankan kecepatan kapal yang turun akibat kapal dihantam ombak tinggi dari samping, serta melakukan pengecekan peta cuaca dan menghindari posisi pusat taifun, persiapan crew dan muatan sebelum kapal berangkat dengan memastikan kondisi tubuh crew sehat agar tetap efektif melakukan dinas jaga dan dalam mempersiapkan muatan dengan memastikan semua lashing muatan terikat kencang dan aman serta mengikat kencang benda yang tempatnya tidak permanen. Dan kesiapan crew menjadi salah satu hal yang penting dikarenakan yang berperan penting dalam sebuah pelayaran yaitu sdm itu sendiri agar dinas jaga berja;an secara efektif dan aman dalam melakukan pelayaran. Serta kesiapan muatan juga hal harus diperhatikan kemananannya, lashing muatan peti kemas harus aman dan sesuai prosedur saat sebelum melakukan pelayaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: cuaca buruk, mencegah kecelakaan kapal, Laut China Selatan |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 08:03 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 08:03 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4696 |
Actions (login required)
View Item |