UPAYA MEMINIMALKAN TERJADINYA CARGO LOSS DI MT. MATINDOK

RONALDI, PRATAMA (2023) UPAYA MEMINIMALKAN TERJADINYA CARGO LOSS DI MT. MATINDOK. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811136863N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811136863N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811136863N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811136863N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
[img] Pdf (551811136863N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811136863N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Ronaldi Pratama 2023, NIT: 551811136863 N, “Upaya Meminimalkan Terjadinya cargo loss di MT. Matindok”, skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Akhmad Ndori, S.ST., M.M., M.Mar., Pembimbing II: Kresno Yuntoro, S.ST., M.M., Pada perhitungan jumlah muatan, sering terjadi perbedaan perhitungan pada distribusi muatan kapal tanker yaitu yang menyebabkan cargo loss atau kehilangan muatan. Oleh karena itu, perusahaan yang bergerak di bidang distribusi minyak menawarkan toleransi yang dijadikan acuan untuk membatasi perbedaan jumlah muatan. Apabila ditemukan perbedaan selisih angka yang signifikan atau melebihi toleransi maka disebut dengan susut muatan (cargo loss). Dugaan hilangnya muatan diketahui saat kapal MT. Matindok melakukan operasi bongkar muat. Terdapat selisih perhitungan muatan yang melebihi batas toleransi dan menyebabkan terjadinya cargo loss. Maka perlu diselidiki penyebab perbedaan perhitungan yang menyebabkan hilangnya muatan. Studi terkait telah menemukan masalah yang menyebabkan perbedaan jumlah muatan. Sehingga diidentifikasi mengenai strategi dan upaya yang dilakukan untuk meminimalkan terjadinya cargo loss. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam memecahkan masalah yaitu metode kualitatif dan menggunakan teknik analisis fishbone dan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data berupa data primer yang diperoleh melalui observasi. Data sekunder yang diperoleh melalui wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi metode. Peneliti menyimpulkan bahwa cargo loss di MT. Matindok disebabkan oleh adanya selisih angka muat (discrepancy) yang melebihi toleransi dan mengakibatkan terjadinya cargo loss. Cara mencegah dan mengatasi cargo loss di atas kapal MT. Matindok di dasarkan pada hasil observasi adalah cek kembali hasil pengukuran dan perhitungan muatan, menghindari pengukuran dalam kondisi cuaca buruk dan Meningkatkan konsistensi perusahaan terhadap pengadaan peralatan pengukuran muatan yang sesuai standard.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: susut minyak, strategi, upaya
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:33
Last Modified: 17 Mar 2023 01:33
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4646

Actions (login required)

View Item View Item