NUGRAHA, REZA DINATA (2023) ANALISIS PENYEBAB DAN DAMPAK TERJADINYA KEBOCORAN DINDING PALKA PADA KAPAL MV. DK 02. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811116534N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811116534N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811116534N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811116534N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (6MB) |
|
Pdf (551811116534N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811116534N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (248kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Nugraha, Reza, Dinata 551811116534 N, 2023, “Analisis Penyebab dan Dampak Terjadinya Kebocoran Dinding Palka Pada Kapal MV. DK 02”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I:, Dr. Capt. Ilham Ashari, S.Si.T.M.M, M. Mar., Pembimbing II: Moh. Zaenal Arifin, S.ST, M.M. Sebagai alat transportasi pengangkut barang yang paling efisien, kapal memiliki beberapa kelebihan. Kapal mampu mengangkut muatan dalam jumlah yang banyak dibanding menggunakan alat transportasi pengangkut lain. Ketika akan melakukan proses muat di Balikpapan pada voyage ke 52B kapal melakukan kegiatan berlabuh jangkar diwilayah Balikpapan anchorage, pada saat tersebut peneliti melakukan pengecekan terhadap kondisi palka-palka bersama Chief Officer, Bosun dan AB. Peneliti menemukan adanya kebocoran dinding palka pada palka no 4 dan adanya air ballast yang masuk ke dalam palka di MV. DK 02 air ballast tersebut berasal dari tangki ballast 4 kanan. Adapun tujuan yang hendak dicapai dari hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, yaitu mengetahui faktor penyebab utama terjadinya kebocoran dinding palka, mengetahui dampak-dampak apa saja yang dapat ditimbulkan dari terjadinya kebocoran dinding palka, mengetahui upaya apa saja yang dilakukan untuk menaggulangi kebocoran dinding palka pada MV. DK 02. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah diskriptif kualitatif yang mengatur suatu metode penelitian menggunakan beberapa aspek seperti pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan chief officer, bosum, mandor, dan studi pustaka. Peneliti juga melakukan pengambilan gambar guna mendukung keabsahan data dalam penelitian skripsi ini. Dari hasil penelitian dapat diketahui faktor-faktor yang menyebabkan kebocoran dinding palka MV. DK 02 antara lain: 1) Terbenturnya alat bongkar muat grab dengan dinding palka, 2) Kondisi plat palka yang sudah menipis, 3) Tenaga operator crane yang kurang terampil. Untuk itu upaya yang dapat dilakukan adalah : 1) Melakukan penyumbatan terhadap plat dinding palka yang bocor, 2) Melakukan pengurasan air ballast untuk mengurangi debit air yang dapat masuk kedalam palka, 3) Melakukan pengurasan air yang berada didalam palka menggunakan pompa bilgies ataupun menggunakan drum bekas, 4) Melakukan welding atau pengelasan pada plat dinding palka yang berlubang dan memastikannya rapat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : kebocoran dinding palka, bongkar muat |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 03:26 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 03:27 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4605 |
Actions (login required)
View Item |