IDENTIFIKASI PENYEBAB BOCORNYA TUBE L.O COOLER MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA PADA KAPAL MT GAS NATUNA.

WAHYU, RIZKI ADISTYARSO (2022) IDENTIFIKASI PENYEBAB BOCORNYA TUBE L.O COOLER MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA PADA KAPAL MT GAS NATUNA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811236944T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811236944T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811236944T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811236944T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (6MB)
[img] Pdf (551811236944T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811236944T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (427kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Adistyarso, Wahyu Rizki. 2022. NIT: 551811236944 T, “Identifikasi Bocornya Tube L.O Cooler Mesin Diessel Penggerak Utama kapal MT. Gas Natuna”. Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Dr. Dwi Prasetyo, M.M., M.Mar.E. Pembimbing II: Mohammad Sapta Heriyawan,S.Kom M.Si. Oil Cooler pada mesin diesel merupakan alat penukar kalor yag berfungsi untuk mendinginkan oli mesin yang digunakan sebagai alat pelumas pada mesin diesel. Setelah beroperasi oil cooler akan mengalami penurunan kinerja yang disebabkan adanya penurunan laju perpindahan kalor. Fungsinya penurunan temperatur minyaklumas antara lain untuk melumasi, melindungi, membersihkan, dan mendinginkan bagian bagian pada mesin. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, triangulasi hasil observasi, wawancara, dan studi pustaka. Digunakan teknik analisis shel dan swot, peneliti menganalisis faktor penyebab, dampak dan upaya yang dilakukan terkait kebocoran tube lo cooler mesin diesel penggerak utama. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa terjadinya kebocoran tube lo cooler mesin diesel penggerak utama dissebabkan oleh kondisi tube lo cooler yang sudah tua dan mulai mengalai korosi pada bagian dalam tube yang diakibatkan oleh material asing dan hewan laut seperti teritip, dan berdampak pada menurunya kualitas minyak lumas yang tercampur dengan air laut dan dapat membahayakan mesin karena sistem pelumasan yang tidak maksimal. Upaya yang dilakukan untuk mencegah faktor penyebab tersebut adalah dengan menutup tube yang bocor dengan menggunakan material yang keras seperti baja lalu dilapisi atau ditutup dengan menggunakan lem plastic steel dengan ujuan agar besi penutup tadi tidak terlepas kembali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Identifikasi,L.O Cooler, tube, pendingin, Minyak Lumas, Kapal
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:52
Last Modified: 22 Dec 2022 03:52
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4553

Actions (login required)

View Item View Item