YUDHA, PUTRA WIJAYA (2022) OPTIMALISASI POMPA BALLAST UNTUK MENDUKUNG STABILITAS KAPAL PADA MT. TRANSKO AQUILA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811116562N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811116562N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811116562N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811116562N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (1MB) |
|
Pdf (551811116562N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811116562N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (58kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Wijaya, Yudha Putra. 2022. “Optimalisasi Pompa Ballast Untuk Mendukung Stabilitas Kapal Pada MT. Transko Aquila”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Dwi Antoro, MM, M.Mar., Pembimbing II: Pranyoto,S.Pi, M.AP iSelama ikapal iberlayar iatau isedang imelaksanakan ikegiatan ibongkar imuat, harus mampu imenjaga ikeadaan ikapal idalam ikondisi istabili. iStabilitas ikapal idisebabkan ioleh iadanya iair iballast, idimana iair iballast ini idisimpan idi itangki-tangki iballast. Sistem ballast merupakan alat yang digunakan untuk menjaga keseimbangan posisi kapal. Sistem ini ditunjukkan untuk mengatur derajat kemiringan dan draft kapal setelah bongkar muat, sebagai akibat dari perubahan beban kapal sehingga stabilitas dapat terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan sistem ballast kurang optimal, menemukan pemecahan masalah dari dampak yang terjadi terhadap stabilitas ketika sistem ballast kurang optimal serta mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan sistem ballast. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dengan cara wawancarai, iobservasii, idan ikepustakaan. Dan metode yang digunakan untuk menganalisis data oleh penulis adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian tersebut, didapat simpulan bahwa faktor yang menyebabkan sistem ballast kurang optimal adalah penerapan iPMS (Planned iMaintenance iSystem) belum idijalankan isesuai iprosedur yang dapat mengakibat banyak kerusakan, Faktor lain dari sistem ballast yang kurang optimal adalah menurunnya tekanan pompa ballast menjadi tidak maksimal yaitu bisa disebabkan karena tersumbatnya filter oleh sampah pada sea chest yang menyebabkan aliran air laut dalam pompa ballast terhambat yang menyebabkan tekanan pompa kurang maksimal. Dampak ketika sistem ballast kurang optimal Perawatan idan iperbaikan iyang itidak isesuai iPMS (Planned Maintenance System) akan menyebabkan menurunnya itekanan ipada ipompa iballast, Dari simpulan tersebut, maka dapat dikemukakan saran dengan cara melakukan perawatan dan perbaikan sistem ballast yang sesuai PMS (Planned Maintenance System) untuk mengoptimalkan kerja sistem ballast sehingga tidak mengalami penurunan kinerja dari pompa ballast tersebut dan tidak mengganggu stabilitas pada kapal tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Ballast, stabilitas kapal, planned maintenance system, spare part, filter ballast |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 01:30 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 01:30 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4487 |
Actions (login required)
View Item |