PENANGANAN TERHADAP LARATNYA JANGKAR KAPAL MV. KT 06 DI BATU AMPAR SAAT BERLABUH

ANDHIKA, FIKRIYOGA PERDANA (2022) PENANGANAN TERHADAP LARATNYA JANGKAR KAPAL MV. KT 06 DI BATU AMPAR SAAT BERLABUH. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811116518N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811116518N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811116518N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811116518N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (551811116518N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811116518N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (70kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Perdana, Andhika Fikriyoga. 2022. “Penanganan Terhadap Laratnya Jangkar Kapal MV. KT 06 Di Batu Ampar Saat Berlabuh”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Eko Murdiyanto, Sp1, M.Pd, M.Mar., Pembimbing II: Latifa Ika Sari, S.Psi, M.Pd. Seperti yang dapat kita ketahui bersama, kapal merupakan sarana angkatan laut yang memiliki peran untuk menunjang pelaksanaan kesuksesan pengangkutan barang maupun penumpang. Berlabuh jangkar merupakan kegiatan mengikat kapal pada dasar perairan/laut agar kapal tidak hanyut terbawa oleh arus karena pengaruh dari arus dan angin untuk melaksanakan suatu kegiatan. Pada saat penulis melaksanakan praktek laut di MV. KT 06, penulis menemukan adanya kondisi kapal mengalami larat jangkar yang dipengaruhi oleh cuaca buruk, faktor internal, faktor eksternal dan pengaruh sumber daya manusia. Dalam melaksanakan penelitian, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yag digunakan seperti observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, penulis melakukan triangulasi sumber data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis selama praktek di MV. KT 06, penyebab laratnya jangkar MV. KT 06 di Batu Ampar saat berlabuh yaitu rantai jangkar atau segel yang dijatuhkan ke perairan kurang, pengaruh arus, pengaruh angin, draft kapal, dan sumber daya manusia. Tindakan penanganan yang dilakukan melaporkan ke Nakhoda dan menambah panjang dari rantai jangkar atau segel yang digunakan. Peneliti menyimpulkan bahwa penyebab dari laratnya jangkar MV. KT 06 di Batu Ampar saat berlabuh adalah rantai jangkar atau segel yang dijatuhkan ke perairan kurang, pengaruh arus, pengaruh angin, draft kapal, dan sumber daya manusia. Tindakan penanganan yaitu menambah panjang dari rantai jangkar atau segel yang digunakan. Adapun saran penulis adalah meningkatkan kewaspadaan terhadap perubahan cuaca saat berlabuh jangkar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : jangkar larat, penyebab, penanganan
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 10 Oct 2022 04:21
Last Modified: 10 Oct 2022 04:21
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4418

Actions (login required)

View Item View Item