REZA, MUJTAHID (2022) KETERLAMBATAN PEMUATAN MILL SCALE DARI LAPANGAN PENIMBUNAN KE KAPAL MV. WAN HONG DI PELABUHAN PELINDO CIWANDAN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811326748K_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811326748K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811326748K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811326748K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (551811326748K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811326748K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (501kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Mujtahid, Reza. 551811326748 K, 2022, “Keterlambatan Pemuatan Mill scale Dari Lapangan Penimbunan Ke Kapal Mv. Wan Hong Di Pelabuhan Pelindo Ciwandan”, Program Diploma IV, Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Daryanto, S.H., M.M, Pembimbing II: Slamet Riyadi, M.Si., M.Mar Kapal MV. Wan Hong merupakan kapal milik PT. Hongshi Shipping yang melakukan kegiatan Bongkar Muat di Pelabuhan Indonesia. Pada saat melakukan kegiatan di Indonesia, kapal tersebut menunjuk PT. Panca Global Energi untuk menjadi perwakilan nya pada saat kapal tersebut melakukan pemuatan mill scale di pelabuhan Pelindo Ciwandan. Pada proses kegiatan pemuatan mill scale terjadi permasalahan yang membuat proses pemuatan tersebut berjalan lebih lama. .Pada saat peneliti melaksanakan penelitian di perusahaan PT. Panca Global Energi yang mana perusahaan tersebut bergerak di bidang agency service yang memberikan salah satu jasanya yaitu untuk menjadi agen kapal yang akan melaksanakn kegiatan bongkar maupun muat di suatu wilayah kerja pelabuhan setempat. Penelitian ini dibuat berdasarkan pengalaman peneliti pada saat peneliti menjadi agen dari kapal MV. Wan Hong dimana kapal tersebut melakukan pemuatan mill scale di Pelabuhan Pelindo Ciwandan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor yang menyebabkan proses pemuatan berjalan lebih lama daripada yang seharusnya terjadi, serta dampak yang ditimbulkan dari terhambatnya proses pemuatan tersebut. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang menggunakan metode analisis data SHEL. Hasil dari penelitian tersebut yaitu ditemukan faktor-faktor yang menjadi penyebab keterlambatan pemuatan mill scale, dari faktor yang ditemukan, menghasilkan 3 dampak yang ditimbulkan dan dari dampak tersebut sehingga dapat ditemukan 3 upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti selama kurang lebih 1 tahun, dari bulan Agustus 2020 sampai bulan Agustus 2021. Menunjukan bahwa terdapat faktor internal dan juga faktor eksternal yang menyebabkan proses pemuatan mill scale terhambat. Yang termasuk ke dalam faktor internal yaitu rusaknya crane pada saat proses pemuatan dan untuk faktor eksternal yaitu gangguan cuaca yang terjadi dari sebelum kapal sandar. Hal tersebut menimbulkan dampak terhadap biaya operasional dan juga jadwal kegiatan yang tidak dapat berjalan sesuai dengan perencanaan. Selanjutnya sebagai upaya kedepannya dapat dilakukan pemeliharan dan perawatan alat bongkar muat secara berkala sehingga dapat menjaga ketahanan dari alat tersebut, serta komunikasi yang dapat meningkatkan kerjasama pada saat kegiatan bongkar muat berlangsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Keterlambatan pemuatan, pemuatan mill scale, pelabuhan. |
Subjects: | Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 08:03 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 08:03 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4384 |
Actions (login required)
View Item |