Upaya Pemanfaatan Peralatan Kapal MV.Srikandi Indonesia 19 Secara Maksimal Di Saat Tumpahan Minyak Pada Saat Bunker

MUHAMMAD, REZA SETIAWAN (2022) Upaya Pemanfaatan Peralatan Kapal MV.Srikandi Indonesia 19 Secara Maksimal Di Saat Tumpahan Minyak Pada Saat Bunker. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811126597N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811126597N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811126597N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811126597N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
[img] Pdf (551811126597N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811126597N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (89kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Setiawan, Muhammad Reza, NIT. 551811126597 N, 2022, “Upaya Pemanfaatan Peralatan Kapal MV.Srikandi Indonesia 19 Secara Maksimal Di Saat Tumpahan Minyak Pada Saat Bunker”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Dian Wahdiana, M.M. Pembimbing II: Kresno Yuntoro, S.St, M.M. Bunker adalah sebuah kegiatan yang dilakukan diatas kapal yang melibatkan kapal tongkang dan pelabuhan, kegiatan bunker bertujuan untuk mengisi bahan bakar kapal agar kapal siap untuk berlayar. Aspek yang paling penting dari proses bunker adalah “komunikasi” yang merupakan bagian dari suatu pekerjaan. Berdasaarkan penelitian yang telah dilakukan, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya tumpahan minyak di laut yaitu pelaksanaan kegiatan bunker dan penanganan tumpahan minyak yang tidak sesuai dengan prosedur. Untuk mencegah terjadinya pencemaran minyak di laut, maka dilakukan sebuah penelitian untuk memaksimalkan peralatan yang ada di kapal MV. Srikandi Indonesia 19 untuk mencegah maupun menangani tumpahan minyak. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui penyebab, dampak serta upaya meningkatkan berhasil nya penanganan tumpahan minyak sehingga dapat mencegah terjadinya pencemaran pada saat bunker Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan secara terperinci proses pelaksanaan bunker dan penanggulangan tumpahan minyak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Responden yang akan di wawancara adalah Captain, Mualim I dan KKM. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data USG (Urgency, seriousness, Growth) untuk mencari penyelesaian masalah dan faktor yang di amati seperti pada masalah tentang MV. Srikandi Indonesia 19 yang mengalami tumpahan minyak sehingga mencemari lingkungan. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa analisis terjadinya overflow pada saat bunker di MV. Srikandi Indonesia 19 disebabkan oleh keteledoran Chief Engineer dalam melaksanakan bunker, penggunaan alat alat yang tidak maksimal, kurangnya kedisiplinan crew dan pengawasan oleh KKM, kurangnya persiapan peralatan keselamatan saat bunker. Faktor-faktor tersebut akan berdampak pada laporan dari loading master, overflow, lingkungan, mengganggu proses bunker dan jadwal kerja crew kapal. Untuk mencegah faktorfaktor tersebut dapat dilakukan upaya dengan cara mematuhi peraturan dan taat saat melaksanakan bunker, memeriksa sounding periodic tangki, mempersiapkan peralatan keselamatan saat bunker. Dan sebagai bentuk usaha untuk meningkatkan persentase keberhasilan penanggulangan minyak maka haruslah melaksanakan safety meeting, oil spill drill, pengawasan oleh KKM,pengecekan berkala terhadap alat-alat, dan permintaan peralatan kepada perusahaan jika mengalami kekurangan alat-alat di atas kapal

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bunker, Tumpahan Minyak, Alat-Alat
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:19
Last Modified: 05 Oct 2022 04:19
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4339

Actions (login required)

View Item View Item