IDENTIFIKASI TINGGINYA SUHU GAS BUANG PADA MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA DI KM. NGGAPULU

PUTRA, GALIH AGIMNASTIAR (2022) IDENTIFIKASI TINGGINYA SUHU GAS BUANG PADA MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA DI KM. NGGAPULU. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811216642T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811216642T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811216642T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811216642T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
[img] Pdf (551811216642T_Surat Pernyataan Publikasi)
551811216642T_Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Galih Agimnastiar Putra, 2022, NIT : 551811216642 T, “Identifikasi tingginya suhu gas buang pada mesin diesel penggerak utama di KM. Nggapulu”, Program Studi Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbin I : Abdi Seno, M.Si, M.Mar.E. pembimbing II : Capt. Dian Wahdiana, M.M. Tingginya suhu gas buang pada mesin diesel penggerak utama sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin diesel penggerak utama. Perlunya pemeliharaan, perbaikan dan perawatan terhadap supporting device merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh para masinis supaya mesin diesel penggerak utama dapat bekerja secara optimal dan maksimal. Supporting device adalah bagian komponen penting pada mesin diesel penggerak utama, kerusakan pada supporting device menjadi salah satu masalah pada mesin diesel karena dapat mempengaruhi kinerja pada mesin diesel. Tujuan di balik penelitian ini adalah untuk menemukan untuk menemukan apa yang mempengaruhi tingginya suhu gas buang pada mesin diesel yang disebabkan oleh kerusakan pada suppoting device di KM. Nggapulu serta dampak dan upaya menanggulangi kerusakan tersebut. Dalam penulisan kali ini penulis menggunakan metode deskriftif kualitatif dan Teknik analisis data dengan SHEL yaitu identifikasi berbagai faktor secara sistematis yang bertujuan untuk mngungkap fakta, keadaan, fenomena, variable dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan dan memberikan data apa adanya sehingga dalam penelitian ini mendapatkan hasil penelitian yang sebenarnya terjadi di KM. Nggapulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang menyebabkan tingginya suhu gas buang pada mesin diesel penggerak utama, apa dampak yang jika ada kerusakan pada supporting device, dan bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi tingginya suhu gas buang pada mesin diesel penggerak utama. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyebab tingginya suhu gas buang pada mesin diesel penggerak utama disebabkan oleh penerapan PMS (Plant Maintenance System) yang tidak sesuai dengan manual book, kerusakan pada supporting device, suhu air laut yang tinggi dan kurrangnya kualitas crew yang ada di atas kapal. Sehingga didapatkan dampaknya yaitu kerusakan mesin karena tidak sesuai PMS, kurangnya volume air laut, kurangnya penyerapan panas pada udara bilas, kurangnya serapan udara, menurunnya putaran pada blower, pecahnya katup gas buang, tingginya suhu pada mesin, masinis canggung dalam meaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Atas dari itu maka upaya yang dilakukan adalah melaksanakan PMS sesuai dengan manual book, melakukan penyogokan pada tube, pemberian chemical, pembersihan filter, pembersihan blower, pergantian katup gas buang, membuka kran air laut, pergantian crew mesin. sehingga mesin diesel penggerak utama dapat dapat bekerja secara optimal dan maksimal sehingga tidak mengganggu pelaksanaan pelayaran dan kerugian pada perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : perawatan, supporting device, suhu dan kualitas crew
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:11
Last Modified: 26 Sep 2022 02:11
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4144

Actions (login required)

View Item View Item