PENGOLAHAN DATA BARU AIR CONDITIONER ENGINE CONTROL ROOM DI KM. GUNUNG DEMPO YANG BERPENGARUH TERHADAP PENDINGINAN

MULIADI, NURAZIZ (2022) PENGOLAHAN DATA BARU AIR CONDITIONER ENGINE CONTROL ROOM DI KM. GUNUNG DEMPO YANG BERPENGARUH TERHADAP PENDINGINAN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811216627T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811216627T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (551811216627T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811216627T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (551811216627T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811216627T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (412kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Nuraziz Muliadi, 551811216627 T, 2022, “Pengolahan Data Baru Air Conditioner Engine Control Room Di Km. Gunung Dempo Yang Berpengaruh Terhadap Pendinginan”, Skripsi Program Studi Teknika, Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing Materi I: Tony Santiko, S.ST, M.Si, M.Mar.E Pembimbing Metodologi Penelitian dan Penulisan II: Pritha Kurniasih, M.sc. Air Conditioner (AC) merupakan salah satu sistem pada pesawat yang berfungsi untuk mempertahankan suhu pada ruangan. Pentingnya Air conditioner (AC) dalam kapal menjadi hal yang sangat diperhatikan ketika melakukan maintenance. Salah satu masalah yang terjadi pada Air Conditioner (AC) yaitu suhu di cabin lebih dari batasan suhu yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, harus dilakukan pengecekan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada komponen permesinan. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengaturan suhu maka diperlukan variabel pendukung yaitu waktu pendinginan sebagai salah satu pengetesan yang dilakukan berdasarkan data statistik Penelitian ini dilakukan selama penulis melaksanakan praktek laut si KM. Gunung Dempo. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif dengan. Penulis mengumpulkan data berdasarkan hasil observasi, dan pengujian pada Engine Control Room. Dari hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa hipotesis H0 ditolak dengan di tunjukan data dukung berupa pengujian dari hasil skor signifikan simultan memperoleh nilai sebesar 126.109 dan skor signifikansi sebesar 0.000 dengan kriteria skor signifikansi < 0.05. sehingga didapatkan besarnya pengaruh pengaturan suhu terhadap waktu berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi (R2 ) sebesar 93.8%, hal tersebut menunjukan bahwa waktu sangat berpengaruh terhadap suhu pendinginan didalam Engine Control Room.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Air conditioner (AC), Engine Control Room, Waktu Pendinginan
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 23 Sep 2022 06:23
Last Modified: 23 Sep 2022 06:23
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4126

Actions (login required)

View Item View Item