ANALISA RISIKO KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE FISHBONE DIAGRAM DAN SCAT SAAT PELAKSANAAN STERN BUNKER GUNA MEMINIMALISIR KECELAKAAN KERJA DI ATAS KAPAL MT. B STAR

DHARMAWAN, HENDY (2022) ANALISA RISIKO KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE FISHBONE DIAGRAM DAN SCAT SAAT PELAKSANAAN STERN BUNKER GUNA MEMINIMALISIR KECELAKAAN KERJA DI ATAS KAPAL MT. B STAR. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811136790N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811136790N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811136790N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811136790N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (551811136790N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811136790N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (164kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Dharmawan, Hendy. 2022. “Analisa Risiko Kecelakaan Kerja dengan Metode Fishbone Diagram dan SCAT saat Pelaksanaan Stern Bunker, guna Meminimalisir Kecelakaan Kerja di atas Kapal MT. B Star”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Capt. Dwi Antoro, MM, M.Mar, Pembimbing II: Pranyoto, S.Pi, M.AP. Risiko kecelakaan kerja saat pelaksanaan stern bunker tentu saja dapat terjadi mengingat proses operasi stern bunker di laut lepas tidaklah aman, stern bunker itu sendiri ialah proses pemuatan dari dua kapal yang saling mendekat yang mana proses penambatannya mengggunakan tali towing pada buritan kapal, hal ini menjadi latar belakang peneliti untuk melakukan suatu analisisa mengenai berbagai risiko yang dapat terjadi saat pelaksanaan stern bunker. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi risiko kecelakaan kerja saat pelaksanaan stern bunker, bagaimana risiko kecelakaan tersebut dapat terjadi, serta menemukan usaha-usaha yang dapat dilakukan agar kegiatan tersebut dapat beroperasi secara produktif dengan tingkat risiko kecelakaan kerja yang rendah di kemudian hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan Kualitatif merupakan suatu metode efektif dalam mengumpulkan induk data secara langsung dalam hal ini penulis sebagai instrument kuncinya. Penelitian deskriptif kualitatif ini memiliki tujuan guna menganalisis hasil investigasi dari masalah yang sedang diteliti. Observasi, wawancara, dan studi pustaka dilakukan untuk mengumpulkan data. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan fishbone diagram dan SCAT. Hasil penelitian ini adalah: 1) Faktor-Faktor yang menjadi risiko kecelakaan kerja saat pelaksanaan stern bunker ialah faktor manusia, faktor metode, faktor material dan perlatan. 2) Risiko kecelakaan kerja bisa terjadi saat pelaksanaan stern bunker karena kurang maksimalnya pelaksanaan safety meeting, serta kegiatan familiarisasi terkait operasional prosedur pelaksanaan stern bunker, kurang maksimalnya kemampuan serta pemahaman crew kapal MT. B Star. 3) Usaha-usaha yang dilakukan agar kegiatan stern bunker dapat beroperasi secara produktif dengan risiko kecelakaan kerja yang rendah ialah memperbaiki koordinasi tim terkait dengan prosedur mekanisme bunkering, melaksanakan safety meeting dan familiarisasi prosedur stern bunker di laut lepas, memberikan pelatihan pelaksanaan stern bunker di laut lepas.Saran dari penelitian ini adalah: 1) Meningkatkan kualitas sumber daya manusia. 2) Melakukan pembaharuan alat�alat penunjang keselamatan dan proses bunkering. 3) Melakukan pengawasan secara lebih intens terhadap pemakaian alat pelindung diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Stern bunker, fishbone diagram, SCAT, risiko kecelakaan kerja,
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:54
Last Modified: 21 Sep 2022 07:54
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4067

Actions (login required)

View Item View Item