“OPTIMALISASI PENANGANAN MAIN DECKTERHADAP KOROSI DI ATAS KAPAL MV. BELIK MAS

MA’RUF, ADNAN (2022) “OPTIMALISASI PENANGANAN MAIN DECKTERHADAP KOROSI DI ATAS KAPAL MV. BELIK MAS. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811136781N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811136781N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811136781N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811136781N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (551811136781N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811136781N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (653kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Ma’ruf, Adnan, 2022, NIT: 551811136781 N, “Optimalisasi Penanganan Main Deck Terhadap Korosi di atas Kapal MV. Belik Mas”, Program Studi Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Eko Murdiyanto,Sp 1, M.Pd, M.Mar Pembimbing II: Ibu Yustina Sapan, S.ST, MM Dalam skripsi ini latar belakang yang mendasari penulisannya adalah pentingnya penanganan pada korosi, khususnya pada bagian geladak utama guna menunjang kelancaran operasional kapal. Dengan dasar pemikiran tersebut penulis memberikan rumusan masalah”Mengapa terjadi korosi pada main deck di kapal MV. Belik Mas dan bagaimana upaya meminimalisir terjadinya korosi pada geladak utama kapal di MV. Belik Mas” Peneliti menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data dari observasi, wawancara dan studi pustaka. Digunakan teknik analisis data SHEL dan USG, peneliti mengidentifikasi faktor penyebab dan upaya yang dilakukan terkait penyebab terjadinya korosi pada bagian geladak utama kapal MV. Belik Mas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti selama praktek berlayar di MV. Belik Mas dengan menggunakan data-data yang ada dan melihat situasi di lapangan, maka penulis mendapatkan gambaran yang jelas tentang cara dan sistem penanganan korosi beserta kendala yang ditemui seperti kurangnya pengetahuan dari awak kapal dan kurangnya kesadaran akan pentingnya perawatan. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab terjadinya korosi khususnya pada geladak utama dan sekitarnya disebabkan oleh faktor utama yaitu lingkungan yang berair, seperti air laut dan air hujan serta temperatur udara yang berinteraksi dengan permukaan pelat kapal maka sangat mudah terjadi korosi. Upaya yang dilakukan untuk mencegah hal tersebut adalah melakukan pengecatan sesuai prosedur untuk mengurangi dampak dari korosi dan mendapat hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penanganan, Korosi, Geladak Utama.
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:22
Last Modified: 21 Sep 2022 07:22
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4061

Actions (login required)

View Item View Item