PUTRANDA, BAGAS LASKAR (2022) PENANGANAN MUATAN LPG PROPANE DAN BUTANE GUNA MENCEGAH TERJADINYA VENTING PADA KAPAL FULLY REFRIGERATED LPG/C PERTAMINA GAS 2. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811136760N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811136760N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811136760N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811136760N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (1MB) |
|
Pdf (551811136760N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811136760N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (252kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Putranda, Bagas Laskar, 2022, 551811136760 N, ”Penanganan Muatan LPG Propane dan Butane Guna Mencegah Terjadinya Venting Pada Kapal Fully Refrigerated LPG/C Pertamina Gas 2”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Ali Imran Ritonga, MM, M.Mar. Pembimbing II: Dr. Dwi Prasetyo, MM., M.Mar.E. Pengangkutan muatan LPG pada kapal LPG fully refrigerated memerlukan perhatian khusus dalam kegiatan penanganan muatannya. Masalah yang sering dialami yakni terjadinya bahaya venting pada saat pengoperasian muatan dikapal fully refrigerated penanganan suhu dan tekanan pada tangki muatan sangat penting, karena terdapat faktor yang menjadikan terjadinya bahaya venting diatas kapal yakni tekanan yang terdapat pada tangki sangat tinggi, tidak optimalnya kinerja cargo compressor, serta kurang pemahaman awak kapal terhadap alat-alat permesinan yang berkaitan dengan kegiatan penanganan muatan LPG, sehingga penliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk untuk mengetahui faktor penyebab venting pada proses bongkar muat muatan LPG dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guna mencegah terjadinya venting pada saat proses bongkar muat muatan LPG di kapal fully refrigerated LPG/C Pertamina Gas. Penelitian ini didasarkan pada pelaksanaan penanganan muatan LPG, perlunya pengecekan alat permesinan dalam persiapannya untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak terduga pada saat pelaksanaannya, dan pentingnya familirisasi kepada awak kapal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik analisa data menggunakan diagram tulang ikan (fishbone diagram). Sumber data dari penelitian ini berasal dari hasil observasi dan wawancara selama peneliti melaksanakan penanganan muatan LPG pada saat praktek laut di kapal LPG/C Pertamina Gas 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya bahaya venting diatas kapal dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni human, equipment, dan procedure. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya bahaya venting adalah melakukan safety meeting kepada awak kapal sebelum melakukan pemuatan, melakukan perawatan dan perbaikan terhadap alat permesinan yang digunakan untuk pemuatan, dan melakukan kegiatan operasional dengan checklist yang telah disediakan oleh pihak darat maupun yang ada dikapal. Saran peneliti, yaitu pada saat pelaksanaan penanganan muatan LPG diatas kapal, awak kapal perlu berpatokan pada Ship’s Cargo Handling Manual, IGC Code, dan SIGTTO agar pada saat kegiatan operasi tercipta situasi yang aman serta terhindar dari kejadian-kejadian yang dapat membahayakan kapal beserta isinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: LPG, Penanganan Muatan, venting. |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 06:12 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 06:12 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4049 |
Actions (login required)
View Item |