NURJANAH, REKA (2022) OPTIMALISASI PENANGANAN PENUMPANG SAAT EMBARKASI DI KM. KELUD PADA MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811126608N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811126608N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811126608N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811126608N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (9MB) |
|
Pdf (551811126608N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811126608N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (238kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Nurjanah, Reka, 2022. “Optimalisasi Penanganan Penumpang Saat Embarkasi Di KM. KELUD Pada Masa Pandemi Covid-19”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Capt. Samsul Huda, MM,M.Mar., Pembimbing II: H. Mustholiq,MM,M.Mar.E. Munculnya wabah virus corona atau penyakit Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) menjadi pandemi global yang memberikan dampak negatif bagi semua negara, baik secara medis, sosial,ekonomi, maupun transportasi. Dengan adanya kasus ini di Indonesia membuat tata kehidupan baru, salah satunya dibidang transportasi laut khususnya pada kapal penumpang. Dimana calon penumpang harus mempunyai persyaratan yang telah ditentukan dan harus dipenuhi ketika akan melaksanakan perjalanan. Pada penelitian ini penulis merumuskan masalah penelitian apa saja kendala yang dialami penumpang KM. KELUD saat proses embarkasi pada masa pandemi Covid-19?, bagaimana upaya peningkatan penanganan penumpang saat proses embarkasi di KM. KELUD pada masa pandemi Covid-19? Penelitian ini dilakukan oleh penulis pada saat melaksanakan praktek laut di kapal penumpang KM.KELUD pada tanggal 22 Oktober 2020 sampai dengan 29 Juli 2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis data kualitatif, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai penanganan embarkasi penumpang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis selama praktek laut, data-data yang diperoleh melalui wawancara dengan Nakhoda, Ml II Junior, serta petugas darat di pelabuhan. Adapun yang mejadi kendala saat proses embarkasi masih adanya calon penumpang yang belum membawa surat negatif swab antigen atau PCR. Serta upaya peningkatan penanganan penumpang dimasa pandemi Covid-19 yaitu proses scanning barang milik penumpang, pengecekan tiket dan bukti negatif swab antigen, setelah itu penumpang akan naik dengan menggunakan tangga garbarata yang kemudian di deck 4 kapal untuk dicek kembali mengenai tiket dan hasil negatif swab antigen oleh petugas di kapal. Dalam hal ini disimpulkan karena adanya calon penumpang yang tidak memenuhi persyaratan hal tersebut memperlambat proses pelaksanaan embarkasi penumpang. Adapun saran penulis adalah kepada petugas darat sebaiknya memberikan informasi ketika calon penumpang sedang stanby di depan terminal penumpang untuk melengkapi apa yang menjadi persyaratan perjalanan, sehingga saat embarkasi telah dapat berjalan dengan lancar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Embarkasi, Pandemi, Kualitataif, Penumpang |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 04:04 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 04:04 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4045 |
Actions (login required)
View Item |