ANALISIS PELAYANAN PENUMPANG KM. DOROLONDA YANG TERDAMPAK PANDEMI COVID – 19

PUSPASARI, DYAH (2022) ANALISIS PELAYANAN PENUMPANG KM. DOROLONDA YANG TERDAMPAK PANDEMI COVID – 19. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811116522N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811116522N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811116522N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811116522N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (7MB)
[img] Pdf (551811116522N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811116522N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (36kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Puspasari, Dyah. 2022. “Analisis Pelayanan Penumpang KM. Dorolonda yang Terdampak Pandemi COVID-19”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Suherman, M.Si., M.Mar., Pembimbing II: Tony Santiko, S.ST., M.Si., M.Mar.E. Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) telah berdampak pada seluruh aspek kehidupan sehingga memaksa kita untuk beradaptasi dengan menggunakan gaya hidup baru dengan tujuan memutus rantai penyebaran virus COVID-19. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan telah mengelurkan Surat Edaran yang mana isi dari peraturan tersebut mepengaruhi pola pelayanan penumpang menyesuaikan dengan kondisi COVID-19 yang terus berkemban. Dengan ditiadakan sementara beberapa fasiltas dan beberapa upaya untuk mencegah penularan COVI-19 diatas kapal. namun dalam pelaksanaannya tetap dikontrol dengan pengawasan dan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah terhadap pelaksanaan aturan yang ada di atas kapal. Dengan rumusan masalah (1) Apa dampak yang ditimbulkan dari kondisi pandemi COVID-19 terhadap pelayanan penumpang KM. Dorolonda? dan (2) Bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan penumpang KM. Dorolonda karena dampak pandemi COVID-19? Pendekatan dan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan hasil penelitian ditemukan pada KM. Dorolonda telah terjadi pemberlakuan pola pelayanan penumpang dengan mengikuti prinsip kebiasaan hidup baru baru akibat dampak COVID-19 yang dipedomani Surat Edaran dari Dirjenhubla yang mengatur tentang perjalaan manusia melalui transportasi laut. Sehingga dapat di simpulkan Dengan adanya pemberlakuan Surat Edaran dari ditjenhubla, maka banyak terjadi perubahan pola pelayanan penumpang yang secara garis besar berbentuk pembatasan dan pencegahan kerumunan penumpang hal ini menyebabkan menurunnya tingkat kenyamanan penumpang pihak kapal memberi berbagai kebijakan alternatif yang sekiranya bisa menjaga kenyamanan penumpang seperti halnya menambah tv, charger hp, dls. Dan di sisi lain, pemerintah jg terus melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan aturan di lapangan.Saran peneliti adalah untuk pihak operator kapal agar dapat menggratiskan wifi di atas kapal dan untuk peneliti selanjutnya agar dapat siap dalam pengumpulan data

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis, pelayanan, penumpang, Corona Virus Disease
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:17
Last Modified: 20 Sep 2022 02:17
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3988

Actions (login required)

View Item View Item