IDENTIFIKASI LAMBATNYA RESPON GERAK TILLER HIDROLIK STEERING GEAR DI KAPAL MV. KT 05

MUHAMAD, SHOLEH PANGESTU (2021) IDENTIFIKASI LAMBATNYA RESPON GERAK TILLER HIDROLIK STEERING GEAR DI KAPAL MV. KT 05. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (541711206418T_SKRIPSI_FULLTEXT)
541711206418T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (541711206418T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
541711206418T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Pangestu, Muhamad Sholeh, 2021, NIT: 541711206418 T : “Identifikasi lambatnya respon gerak tiller hidrolik steering gear di kapal MV. KT 05”, Skripsi Program Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing: (I) Abdi Seno, M.Si., M.Mar.E. (II) Vega Fonsula. A, S.ST, S.Pd, M.Hum Steering gear merupakan salah satu mesin bantu, fungsinya untuk mengubah dan menentukan arah daun kemudi ke kiri (portside) atau ke kanan (starboard side) dengan batas maksimum 35 derajat sesuai permintaan dari anjungan sehingga kapal dapat dikemudikan dengan aman. Perangkat kemudi harus mampu mengemudikan kapal dari port 35 derajat ke kanan 35 derajat dan sebaliknya dengan kapal meluncur ke depan dengan kecepatan head-on yang stabil untuk rpm poros terukur kontinu maksimum dalam jangka waktu maksimum 28 detik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SWOT serta SHEL dengan uji keabsahan data dilakukan triangulasi metode untuk mengetahui faktor yang menyebabkan, bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi lambatnya respon gerak tiller hidrolik steering gear di kapal MV. KT 05. Hasil dari penelitian ini menunjukkan lambatnya respon gerak tiller disebabkan oleh dua faktor utama yaitu luka goresan pada spool directional control valve dan ROB oli hidrolik steering gear di kapal habis yang berdampak pada lambatnya respon gerak tiller. Adapun upaya yang dilakukan adalah melakukan penggantian spool directional control valve dengan yang baru dengan merek PILOT DHI-0713P dan mengirimkan emergency repair request kepada kantor untuk mengganti oli hidrolik steering gear yang viskositasnya turun karena tercampur oli hidrolik lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : identifikasi, steering gear, directional control valve, oli.
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 24 May 2022 08:54
Last Modified: 24 May 2022 08:54
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3872

Actions (login required)

View Item View Item