OPTIMALISASI PELAKSANAAN TUGAS JAGA ANJUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KESELAMATAN PROSES SANDAR SPB ABM ILJIN DI TANAH MERAH COAL TERMINAL

SIDIK, YUDHOYONO (2021) OPTIMALISASI PELAKSANAAN TUGAS JAGA ANJUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KESELAMATAN PROSES SANDAR SPB ABM ILJIN DI TANAH MERAH COAL TERMINAL. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (541711106357N_SKRIPSI_FULLTEXT)
541711106357N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB) | Request a copy
[img] Pdf (541711106357N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
541711106357N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (15MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Yudhoyono, Sidik, 2021, NIT: 541711106357 N “Optimalisasi pelaksanaan tugas jaga anjungan untuk meningkatkan keselamatan proses sandar SPB ABM ILJIN di Tanah Merah Coal Terminal”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Agus Hadi Purwantomo, M.Mar. Pembimbing II: Vega F. Andromeda, S.ST, S.Pd, M.Hum. Proses sandar merupakan suatu rangkaian atau tata cara merapatkan kapal ke dermaga dengan maksud untuk melakukan kegiatan mengisi bahan bakar, pengisian air bersih, serta kegiatan bongkar muat. Proses ini tentunya membutuhkan penanganan yang benar dengan sistem yang tidak bisa diabaikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Banyaknya faktor yang mempengaruhi pelaksanaan proses sandar kapal menyebabkan dapat terjadinya bahaya atau halhal yang tidak diinginkan seperti yang dialami penulis ketika kapal akan melaksanakan proses sandar di Tanah Merah Coal Terminal. Kapal mengalami tubrukan dengan loader pemuatan batubara. Hal itu dikarenakan kurang maksimalnya pelaksanaan olah gerak kapal, kurangnya komunikasi pada saat proses sandar, pengaruh konstruksi kapal, kondisi perairan di tempat sandar seperti arus, pasang surut, kecepatan angin, konsisi lalu lintas, serta kondisi penglihatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas pengoptimalan tugas jaga anjungan dalam meningkatkan keselamatan proses sandar SPB ABM ILJIN di Tanah Merah Coal Terminal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang menghasilkan data langsung dari tempat penelitian serta berdasarkan fakta-fakta yang telah dialami oleh peneliti di atas kapal. Dalam hal ini mengumpulkan data berupa pendekatan terhadap obyek melalui observasi, wawancara langsung terhadap subjek penelitian dan studi pustaka serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian optimalisasi pelaksanaan tugas jaga anjungan untuk meningkatkan keselamatan proses sandar SPB ABM ILJIN di Tanah Merah Coal Terminal. Penyebab utama terjadinya kecelakaan yaitu kurangnya tanggung jawab seluruh pihak yang terlibat pada saat proses sandar kapal dalam melaksanakan tugasnya. Dari pembahasan masalah penulis menyarankan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan proses sandar kapal untuk selalu melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab untuk meningkatkan keselamatan proses sandar dan mencegah terjadinya kecelakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Tugas Jaga Anjungan, Tanah Merah Coal Terminal, Proses Sandar.
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 25 Mar 2022 03:23
Last Modified: 25 Mar 2022 03:23
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3684

Actions (login required)

View Item View Item