MAINTENANCE TURNBUCKLE GUNA MENINGKATKAN KESELAMATAN MUATAN PETI KEMAS DI MV. SPIL NITA

YUSUF, AKHMAD (2021) MAINTENANCE TURNBUCKLE GUNA MENINGKATKAN KESELAMATAN MUATAN PETI KEMAS DI MV. SPIL NITA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (541711106371N_PROSIDING_FULLTEXT)
541711106371N_PROSIDING_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB) | Request a copy
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

digeladak ditempat-tempat lashing deck. Bentuknya berupa dua buah batang berulir dimana salah satu ujungnya mempunyai ikatan berupa segel dan ujung lainnya berfungsi menghubungkan kemata dari lasing bar , bila bagian tengahnya diputar maka kedua batang berulir akan berputar mengencang atau mengendur. Sehingga dalam pengoprasian dan perawatan trunbuckle adalah hal yang biasa. Sering terjadinya kecelakaan kerja dikareanakan kurangnya optimalnya kerja di atas kapal karena kurangnya perawatan turnbuckle tidak memenuhi prosedur yang ada. Peneliti tertarik mengangkat rumusan masalah untuk dibahas dengan judul “Rutinitas Perawatan Turnbuckle Guna Meningkatkan Keselamatan Muatan Peti Kemas Di MV. Spil Nita”. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi, studi kepustakaan, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis perawatan turnbuckle yang terjadi di kapal, dan menjelaskan upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Hasil yang diperoleh dari peneliti ini untuk menunjang perawatan turnbuckle hendaknya awak kapal memahami prosedur dan tahapan-tahapan perawatan yang baik dan benar, selalu melakukan pendataan secara berkala terhadap alat-alat kerja diatas kapal agar alat-alat kerja dikapal selalu tersedia dan memadai guna memunjang sistem kerja di atas kapal dan melaksanakan perawatan turnbuckle secara berkala, Upaya mengatasi kendala dalam perawatan turnbuckle dapat berjalan optimal perlu adanya koordinasi dua arah dari pihak kapal dengan pihak kantor untuk menunjang suplay alat-alat perawatan turnbuckle dan perlunya koordinasi antar awak kapal guna melaksanakan peawatan berkala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Prosedur, turnbuckle, Kecelakaan Kerja
Subjects: Prosiding
Prosiding > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:58
Last Modified: 24 Mar 2022 08:43
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3465

Actions (login required)

View Item View Item