OPTIMALISASI RUANG MUAT GUNA MENGURANGI DAMPAK HOGGING & SAGGING DI MV, DK 03

BHARATA, NAROTAMA (2021) OPTIMALISASI RUANG MUAT GUNA MENGURANGI DAMPAK HOGGING & SAGGING DI MV, DK 03. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (541711106296N_SKRIPSI_FULLTEXT)
541711106296N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (541711106296N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
541711106296N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Narotama, Bharata 541711106296 N, 2021, “Optimalisasi Ruang Muat Guna Mengurangi Dampak Hogging & Sagging di MV.DK 03”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Dwi Antoro, MM, M.Mar, Pembimbing II: Pranyoto, S.PI., M.AP. Dalam Skripsi ini penulis mencoba mengangkat salah satu jenis alat transportasi laut yaitu Kapal Curah. Adapun jenis muatan di Kapal Curah ini adalah muatan batu bara. Setiap tahunnya lebih dari 349 juta ton batu bara diekspor ke berbagai negara di dunia. Pada tahun 2012 Indonesia merupakan 10 besar Produsen batu bara di seluruh dunia,. Pada saat penulis melaksanakan praktik laut di kapal MV. DK 03, penulis menemukan pengaturan muatan yang tidak merata. Ternyata hal tersebut dipengaruhi karena tidak meratanya muatan atau disebut Hogging & Sagging. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Crew kapal & Mualim dalam mengawasi serta mengatur muatan sesuai Stowage Plan agar dapat bekerja secara maksimal. Dalam melaksanakan penelitian, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data. Untuk menguji keabsahan data, penulis melakukan triangulasi sumber data. Hasil data yang sudah teruji keabsahannya akan dianalisis menggunakan Tabel Penelitian. Dari hasil penelitian dapat diketahui Pada saat melaksanakan praktek laut di MV. DK 03 berdasarkan observasi dan hasil wawancara dari beberapa awak kapal tentang pelaksanaan optimalisasi ruang muat didapatkan kurangnya pemahaman dalam pelaksanaan atau penerapan mengenai masalah tersebut, hal itu menunjukkan bahwa awak kapal kurang memahami tentang prosedur mengatur & mengontrol muatan dengan baik dan benar, Jadi terkendala oleh faktor Teledornya buruh dalam mengatur proses bongkar muat & Kurang optimalnya Crew kapal dalam mengawasi proses bongkar muat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Hogging&Sagging, Crew, Stowage Plan
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 21 Mar 2022 02:34
Last Modified: 21 Mar 2022 02:34
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3382

Actions (login required)

View Item View Item