RIZKI, FAJAR PRADITYA (2021) ANALISIS MENURUNNYA KINERJA MESIN INDUK AKIBAT PATAHNYA BAUT PENGIKAT PADA CYLINDER HEAD DI MV. PRINCESS. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (531611206069T_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611206069T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Pdf (531611206069T_SKRIPSI_OPEN_ACCES)
531611206069T_SKRIPSI_OPEN_ACCES.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Praditya, Rizki Fajar, NIT. 531611206069. T, 2021 “Analisis Menurunnya Kinerja Mesin Induk Akibat Patahnya Baut Pengikat Pada Cylinder Head Di Kapal MV. Princess” Program Diploma IV, Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: H. Mustholiq, MM, M.Mar.E Pembimbing II : Muhammad Sapta Heriyawan, S.Kom, M.Si Mesin diesel merupakan bagian terpenting dari sebuah kapal sebagai tenaga pendorong, dimana kelancaran pengoperasian sebuah mesin diesel sangat dipengaruhi oleh perawatan yang optimal di luar dari komponen-komponen pendukung lainya. Dan bagaimana mengatasi apabila terjadi kerusakan tersebut, agar tidak terulang kembali kerusakan sehingga mesin selalu dalam kondisi yang prima/baik dalam pelayaran, mengingat pentingnya fungsi dari mesin induk maka harus dirawat dengan baik. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian Fault Tree Analysis dan Urgency Seriousness Growth. Fault Tree Analysis mengidentifikasi hubungan antara faktor penyebab dan ditampilkan dalam bentuk pohon kesalahan yang melibatkan gerbang logika sederhana. Gerbang logika menggambarkan kondisi yang memicu terjadinya kegagalan, baik kondisi tunggal maupun sekumpulan dari berbagai macam kondisi. Dengan menggunakan metode ini akan mempermudah penulis untuk menyelesaikan troubleshooting yang terjadi pada baut cylinder head sudah melewati jam kerjanya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa, baut cylinder head yang sudah melebihi jam kerja merupakan salah satu penyebab patahnya baut pada cylinder head tersebut, kesalahan pada alat dan pemasangan tidak sesuai aturan menyebabkan tekanan pada saat mengikat tidak seimbang sehingga cylinder head tidak terpasang secara sempurna sehingga akan mengalami kerusakan, tekanan nozzle terlalu tinggi dan timing pembakaran terlalu cepat menyebabkan kompresi terlalu besar/melebihi kapasitas menyebabkan mesin menjadi panas dan kinerjanya menurun, O ring watercooling bocor dan permukan pada blok cylinder dan cylinder head tidak rata menyebabkan terkena korosi akibat jacket cooling bocor sehingga oli akan bercampur dengan air pendingin, kurangnya perhatian dari pemasangan tidak sesuai aturan, sistem pembakaran, jacket cooling, nozzle menjadi penyebab kurang optimal kerja mesin induk akibat patahnya baut cylinder head
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: cylinder head, nozzle, baut, running hours |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Mr Agus Wahyudi |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 03:19 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 03:19 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3344 |
Actions (login required)
View Item |