OPTIMALISASI PENANGANAN MUATAN DENGAN METODE RELIQUEFACATION DI KAPAL VLGC PERTAMINA GAS 1

EKA, ARIYADI (2021) OPTIMALISASI PENANGANAN MUATAN DENGAN METODE RELIQUEFACATION DI KAPAL VLGC PERTAMINA GAS 1. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (531611105968_SKRIPSI_OPEN_SOURCE)
531611105968_SKRIPSI_OPEN_SOURCE.pdf

Download (12MB)
[img] Pdf (531611105968_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611105968_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://repository.pip-semarang.ac.id/

Abstract

Ariyadi, Eka, 2021, NIT: 531611105968.N, “Optimalisasi Penanganan Muatan Dengan Metode Reliquefacation di Kapal Pertamina Gas 1”, Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Hadi Supriyono, M.M., M.Mar., Pembimbing II: Darul Prayogo, M.Pd. Pendistribusian LPG (Liquefied Petroleum Gases) dapat dilakukan melalui moda transportasi laut dan darat. Pengangkutan LPG dalam jumlah besar umumnya dengan menggunakan moda transportasi laut berupa kapal laut. Dalam proses pengangkutan LPG hal yang perlu diperhatikan yaitu temperatur dan tekanan tangki pada nilai yang sesuai, khususnya pada saat pemuatan untuk menghindari terjadinya tekanan tinggi. Kondisi high pressure pada tangki saat pemuatan adalah hal yang sangat dihindari oleh kapal pengangkut gas (gas carrier) karena resiko bahaya yang ditimbulkannya akan terjadi tekanan balik dari pipa kapal ke pipa terminal atau discharging ship, kemudian terlepasnya uap muatan melalui katup keselamatan (safety relief valve) akibat tekanan tangki melebihi batas maksimum yang ditentukan, serta tingkat resiko yang tinggi terhadap bahaya kebakaran dan ledakan pada tangki muatan. Oleh karena itu diperlukan penanganan muatan yang tepat agar proses pemuatan dapat berjalan dengan aman, dan meminimalisir resiko yang terjadi. Metode penelitian yang penulis gunakan pada penyusunan skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara mengamati langsung pada objek penelitian, melakukan wawancara dengan beberapa responden di VLGC (Very Large Gas Carrier) Pertamina Gas 1, dan dokumentasi langsung pada objek penelitian. Hasil yang diperoleh penelitian ini adalah cara optimalisasi penanganan muatan menggunakan metode reliquefacation di kapal VLGC Pertamina Gas 1 dengan melaksanakan perawatan terhadap sea water cooling filter yang kotor dan melaksanakan perawatan berdasar pada intruksi yang ada pada manual book dan SOP yang ada terhadap instrumen reliquefacation. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mencari penyebab lambatnya aliran air laut pada saat sistem reliquefacation berjalan, selain itu untuk mengetahui cara perawatan instrumen reliquefacation dan upaya penanggulangan atas terjadinya kenaikan tekanan pada tangki serta kenaikan temperatur pada muatan. Sehingga kedepannya untuk memperoleh hasil yang optimal diperlukan tindakan-tindakan pemantauan, pengecekan dan perawatan secara rutin, berkala dan berdasar pada intruksi yang ada pada manual book dan SOP perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Muatan, Reliquefacation ,LPG, VLGC
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 01 Jul 2021 02:59
Last Modified: 01 Jul 2021 02:59
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3201

Actions (login required)

View Item View Item