Penanggulangan Residu Clinker pada Main Deck di MV. KT05

ALDY ISRALDI, PUTRA (2021) Penanggulangan Residu Clinker pada Main Deck di MV. KT05. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (531611106020N_PROSIDING_FULLTEXT)
531611106020N_PROSIDING_FULLTEXT .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
Official URL: http://repository.pip-semarang.ac.id/

Abstract

Putra, Aldy Israldi, 2021, 531611106020 N, “Penanggulangan Residu Clinker pada Main Deck di MV. KT05”, skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I:Capt. Tri Kismantoro, M.M, M.Mar, Pembimbing II: Awel Suryadi, S.Si.T., M.Si. Clinker adalah jenis muatan yang berfungsi sebagai bahan utama yang digunakan untuk pembuatan semen. Pada umumnya clinker adalah muatan yang mudah mengeras apabila terkena air, disamping itu muatan ini juga sangat berdebu. Pada saat proses pembongkaran clinker memerlukan persiapan yang maksimal serta dilakukan tindakan yang preventif untuk menghindari kerusakan muatan yang terjadi, karena clinker adalah muatan yang mudah rusak. Banyak masalah yang timbul ketika pelaksanaan pembongkaran clinker berlangsung, yaitu pelaksanaan proses bongkar clinker yang tidak sesuai dengan prosedur menyebabkan banyaknya residu clinker yang jatuh di atas main deck MV. KT05. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian dengan tujuan menjadikan pelaksanaan bongkar clinker tidak terjadi pengerasan di atas main deck dan bisa menanggulanginya. Penelitian ini dilaksanakan diatas kapal MV. KT05 selama 13 bulan. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan secara terperinci tentang metode penanggulangan residu clinker di atas main deck kapal. Data yang didapat penulis dalam melakukan penelitian terdiri dari data primer yang diperoleh dari riset lapangan, dokumentasi dan wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka yang didapat dari berbagai sumber. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data yaitu Fish Bone Analysis untuk menentukan akar permasalahan dan SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats) untuk mencari penyelesaian masalah terhadap pengerasan residu clinker di atas main deck MV. KT05, sehingga dapat ditemukan solusinya. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, maka dapat disimpulkan yaitu faktor penyebab pengerasan residu clinker diatas main deck adalah dari berbagai faktor, yaitu faktor lingkungan, faktor manusia, faktor bahan dan faktor peralatan. Metode yang dilakukan yaitu dengan melakukan (1) penggunaan tarpaulin dan air gula (2) perwira harus memastikan bahwa operator crane pada saat pelaksaanaan bongkar harus memiliki keterampilan (3) melaksanakan dan melakukan perawatan pada alat bongkar muat sebelum pelaksanaan bongkar clinker dimulai sehingga pelaksanaan bongkar clinker berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bongkar, residu, main deck, metode
Subjects: Prosiding > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: admin admin admin
Date Deposited: 01 Jul 2021 03:42
Last Modified: 01 Jul 2021 03:42
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3153

Actions (login required)

View Item View Item