WIDAD DANISH, HAFUZA (2021) ANALISIS MENURUNNYA VISKOSITAS BAHAN BAKAR MFO TERHADAP KINERJA INJECTOR PADA MESIN INDUK DI MV. MERATUS KAPUAS. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (531611206131T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611206131T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (7MB) |
|
Pdf (531611206131T_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611206131T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
INTISARI Widad Danish Hafuza, NIT: 531611 206131T, 2021 “Analisis Menurunnya Viskositas Bahan Bakar MFO Terhadap Kinerja Injector Pada Mesin Induk di MV. MERATUS KAPUAS”, skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Nasri, M.T.,M.Mar.E dan Pembimbing II: Darul Prayogo, M.Pd. Bahan bakar pada mesin konversi energi merupakan faktor yang sangat penting. Hal ini disebabkan karena energi yang akan dikonversikan itu diperoleh dari bahan bakar yang diperoleh dari proses distilasi minyak bumi. Klasifikasi bahan bakar dalam dunia maritim dipisahkan menjadi beberapa jenis bagian yaitu MFO (Marine Fuel Oil), MDO (Marine Diesel Oil), MGO (Marine Gas Oil). Karena bahan bakar MFO termasuk jenis residu yang kental untuk itu bahan bakar diaplikasikan secara langsung akan tetapi harus melalui treatment yang bertujuan untuk menurunkan viskositas atau kekentalan dan penyeragaman ukuran partikel bahan bakar untuk menghindari penyumbatan pada nozzle. Viskositas adalah ukuran dari gesekan cairan, atau tahanannya yang akan diberikan oleh molekul atau partikel minyak satu sama lain kalau bahan utama dari minyak sedang bergerak, misalnya dalam sistem peredaran makin berat atau makin malas gerakannya berarti viskositasnya lebih tinggi. Sistem bahan bakar secara umum memiliki fungsi untuk mensupplai bahan bakar yang diperlukan untuk motor induk. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Faul Tree Analysis & USG yang bertujuan untuk penelitian yang bersifat kasus sehingga peneliti menemukan masalah tentang menurunya viskositas bahan bakar MFO. Penyebab menurunnya viscositas bahan bakar adalah kurang tepanya pengaturan suhu bahan bakar dan purifier bekerja dengan flow rate yang tidak sesuai standar kapasitas. Dampak yang terjadi akibat menurunnya viskositas bahan bakar adalah pengabutan bahan bakar MFO didalam silinder tidak sempurna dan pembakaran tidak terkendali. Upaya untuk mencegah menurunnya viscositas bahan bakar MFO adalah mengatur suhu bahan bakar dengan tepat, memberikan zat kimia tambahan pada bahan bakar, melakukan perawatan pada purifier, memberikan arahan kepada engineer. Dari hasil penelitian ini pula, memberikan pengetahuan baru yaitu upaya atau cara mengatasi masalah tersebut seperti yang telah dilakukan awak kapal. Adapun upaya yang dilakukan yaitu dengan melakukan pengecekan harus sesuai dengan PMS (Plant Maintenance Schedule) di atas kapal serta mengingatkan akan pentingnya pelaksanaan PMS dan meningkatkan kedisiplinan crew.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Sistem Bahan Bakar, Bahan bakar MFO, Viskositas, Metode Faul Tree Analysis & USG. |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 01 Jul 2021 04:18 |
Last Modified: | 01 Jul 2021 04:18 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3149 |
Actions (login required)
View Item |