UPAYA MENINGKATKAN KESELAMATAN KERJA SAAT MEMASUKI RUANG TERTUTUP PADA TANGKI KARGO DI MT. SOECHI ASIA XXIX

HERVIN DWI, CAHYANTO (2021) UPAYA MENINGKATKAN KESELAMATAN KERJA SAAT MEMASUKI RUANG TERTUTUP PADA TANGKI KARGO DI MT. SOECHI ASIA XXIX. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (531611106031N_SKRIPSI_OPEN_SOUCE.pdf)
531611106031N_SKRIPSI_OPEN_SOUCE.pdf

Download (7MB)
[img] Pdf (531611106031N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf)
531611106031N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://repository.pip-semarang.ac.id/

Abstract

ABSTRAKSI Cahyanto, Hervin Dwi, 531611106031 N, 2021, “Upaya Meningkatkan Keselamatan Kerja Saat Memasuki Ruang Tertutup Pada Tangki Kargo Di MT. Soechi Asia XXIX”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Dwi Antoro, MM, M.Mar., Pembimbing II: Daryanto, SH, MM Enclose Space adalah ruang terbatas yang tidak terdapat ventilasi secara terus menerus sehingga udara yang terkandung dalam ruang tersebut berbahaya bagi tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena terdapat gas hydrocarbon, gas beracun, dan kurangnya kadar oksigen yang dikandung. Kapal tanker terdiri dari tangki-tangki yang digunakan untuk menampung muatan. Oleh karena itu, memasuki ruang tertutup selama pengoperasian bongkar muat dan perawatan kapal adalah hal yang biasa dilakukan. Seringnya terjadi kecelakaan kerja di dalam enclose space dikarenakan tidak mematuhi prosedur yang ada. Peneliti tertarik mangangkat rumusan masalah untuk dibahas dalam judul "UPAYA MENINGKATKAN KESELAMATAN KERJA SAAT MEMASUKI RUANG TERTUTUP PADA TANGKI KARGO DI MT. SOECHI ASIA XXIX" Metode penelitian skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data diambil dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung (observasi), wawancara terhadap beberapa responden di kapal MT. Soechi Asia XXIX, dokumentasi, serta studi pustaka. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penyebab kecelakaan kerja yang terjadi di dalam enclose space karena kurangnya perawatan pada alat keselamatan yang akan digunakan untuk bekerja di ruang tertutup sehingga crew tidak dapat mendeteksi kandungan gas dan oksigen dengan benar serta kurangnya persiapan dan pengawasan pada saat bekerja di dalam ruang tertutup. Kecelakaan kerja yang ada di enclose space masih terjadi, dikarenakan kurang pengawasan dari officer. Kurang baiknya kondisi gas detector ketika digunakan deck crew pada saat bekerja juga dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja. Penerapan Standart Operasional Prosedur (SOP) yang kurang benar. Upaya yang dilakukan untuk mencegah faktor penyebab tersebut adalah Planned Management System (PMS) sangatlah diperlukan agar rencana perawatan alat keselamatan dapat terkondisikan. Pelaksanaan PMS dilakukan secara rutin setiap mingguan, bulanan dan tahunan sesuai dengan jadwal yang terdapat pada PMS. Mualim 1 sebagai safety officer bertanggung jawab atas pelaksanaan PMS. Pada waktu crew bekerja di dalam enclose space mualim 1 wajib mengawasi dan mengingatkan jika terjadi sesuatu yang kurang benar. Setiap kegiatan di enclosed space harus sesuai dengan Standart Operational Procedure (SOP) yang didalamnya mencakup Enclosed Space Entry Permit sehingga harus ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Enclose Space, Prosedur, Keselamatan Kerja
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: admin admin admin
Date Deposited: 01 Jul 2021 07:04
Last Modified: 01 Jul 2021 07:04
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3104

Actions (login required)

View Item View Item