IDENTIFIKASI KERETAKAN CRANKSHAFT DIESEL GENERATOR DI MV. SHANTHI INDAH

DEAREL IRHART, WAHAB (2020) IDENTIFIKASI KERETAKAN CRANKSHAFT DIESEL GENERATOR DI MV. SHANTHI INDAH. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

[img] Pdf (51145342T_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145342T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Pdf (51145342T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145342T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.pip-semarang.ac.id/

Abstract

INTISARI Dearel Irhart Wahab, 2020, NIT: 51145342.T, “Identifikasi keretakan crankshaft diesel generator di MV. Shanthi Indah” skripsi Program Studi Teknika, Progran Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: H. Mustholiq, M.M., M.Mar.E dan Pembimbing II: Febria Surjaman, M.T. Crankshaft atau poros engkol berfungsi mengubah gerak vertical atau horizontal dari piston menjadi gerak rotasi (putaran). Untuk mengubahnya dengan proses sebuah crankshaft membutuhkan pena engkol (crankpin), sebuah bearing tambahan yang diletakan di bagian ujung batang penggerak pada setiap silinder. Ruang engkol (crankcase) akan dihubungkan ke roda gila (fly wheel). Jenis metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah deskriptif kualitaf dengan menggunakan pendekatan fishbone dan SHEL untuk mempermudah dalam teknik analisis data. Metode pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi untuk memperkuat dalam analisis data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab keretakan crankshaft diesel generator, dampak yang ditimbulkan dari keretakan crankshaft diesel generator dan upaya yang dilakukan untuk mencegah faktor keretakan crankshaft diesel generator di MV. Shanthi Indah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor penyebab keretakan crankshaft diesel generator di MV. Shanti Indah adalah, 1) Tekanan minyak lumas menurun 2) Minyak lumas tercampur air 3) Terjadinya frekuensi putaran kritis 4) Pendinginan minyak lumas tidak maksimal. Untuk mencegah faktor-faktor penyebab keretakan crankshaft diesel generator, upaya yang harus dilakukan adalah dengan, 1) Menjaga tekanan minyak lumas 2) Melakukan penggantian mechanical seal pada pompa pendingan 3) Melakukan deflection 4) Memaksimalkan pendinginan guna mencegah overheating

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Deflection, crankshaft, fishbone analysis.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: admin admin admin
Date Deposited: 01 Jul 2021 07:37
Last Modified: 01 Jul 2021 07:37
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/3050

Actions (login required)

View Item View Item