ANALISIS RUSAKNYA BEARING PADA INTERMEDIATE SHAFT BEARING DI MT. KUANG

IFTI, GRANDIS A (2020) ANALISIS RUSAKNYA BEARING PADA INTERMEDIATE SHAFT BEARING DI MT. KUANG. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155801 T_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155801 T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155801 T_SKRIPSI_OPEN ACCESS)
52155801 T_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.pip-semarang.ac.id/

Abstract

INTISARI Ifti Grandis Ambrianto, 2020, NIT : 52155801 T, “Analisis Rusaknya Bearing pada Intermediate Shaft Bearing di MT. Kuang”, skripsi Program Studi Teknika, Progran Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: H. Mustholiq, M.M, M.Mar.E dan Pembimbing II: Budi Joko Raharjo, M.M . Intermediate shaft bearing merupakan bantalan penopang poros penghubung yang terletak di antara mesin induk dan propeller shaft, yang berfungsi sebagai penahan dari beban shaft tersebut sehingga dapat memperkecil timbulnya kebengkokan pada shaft. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kerusakan bearing pada intermediate shaft bearing, dampak yang ditimbulkan dari kerusakan bearing pada intermediate shaft bearing dan upaya yang dilakukan untuk mencegah faktor penyebab kerusakan bearing pada intermediate shaft bearing di MT. Kuang. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah deskriptif kualitaf dengan menggunakan pendekatan fishbone dan SHEL untuk mempermudah dalam teknik analisis data. Metode pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab kerusakan bearing padaintermediate shaft bearing di MT. Kuang adalah adanya lumpur pada minyak pelumas yang disebabkan oleh pemakaian minyak pelumas dalam jangka waktu yang lama tanpa adanya penggantian minyak pelumas. Dampak yang ditimbulkan adalah keausan pada bearing dan shaft serta memicu kebengkokan pada shaft. Untuk mencegah faktor-faktor penyebab kerusakan bearing pada intermediate shaft bearing, upaya yang harus dilakukan adalah dengan pengecekan pada suhu dan volume minyak pelumas serta melakukan pengantian minyak pelumas secara rutin

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : bantalan, bantalan poros penghubung, minyak pelumas
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 27 Nov 2020 06:21
Last Modified: 27 Nov 2020 06:21
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2992

Actions (login required)

View Item View Item