ANALISA MENINGKATNYA KARBON PADA SCAVENGE AIR MAIN ENGINE YANG BERPENGARUH PADA SISTEM PEMBILASAN DI MV. MANALAGI WANDA

REZA, IQBAL BHAKTI WARDANA (2020) ANALISA MENINGKATNYA KARBON PADA SCAVENGE AIR MAIN ENGINE YANG BERPENGARUH PADA SISTEM PEMBILASAN DI MV. MANALAGI WANDA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155812 T_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155812 T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155812 T_SKRIPSI_OPEN ACCESS)
52155812 T_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://repository.pip-semarang.ac.id/

Abstract

INTISARI Roni Iqbal bhakti wardana, 52155812. T, 2020 “Analisa Meningkatan karbon Pada Scavenge Air Main Engine yang Berpengaruh Pada Sistem Pembilasan Dengan Metode fishbone dan SHEL Di MV Manalagi Wanda Persada”, Program Diploma IV, jurusan teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Tony Santiko S.ST.,M.Si, Pembimbing II: Poernomo Dwi Atmajo, MH. Meningkatnya karbon pada scavenge air adalah suatu endapan yang timbul akibat pelumasan yang berlebihan pada silinder liner yang jatuh di scavenge air dan kotornya udara yang terhisap oleh kompresor side sehingga mengendap di scavenge air. Meningkatnya karbon dapat mengganggu proses pembilasan pada mesin induk yang berakibat tidak sempurnanya pembakaran yang mengakibatkan tidak optimalnya kinerja mesin induk yang menghambat operasional kapal. Didalam metode Fishbone akan menjelaskan tentang sistematika penulisan yang digunakan untuk menjawab pertanyaan yang ada dalam rumusan masalah. Metode yang digunakan meliputi wawancara, observasi, studi pustaka, studi dokumentasi sedangkan pada pembahasan masalah dan pemecahannya, penulis akan menguraikan dan menjelaskan tentang rumusan masalah penelitian antara lain tentang analisa peningkatan karbon pada scavenge air. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan faktor penyebab peningkatan karbon pada scavenge air adalah kotornya air filter, kotornya blade pada auxilliry blower, kotornya kompresor side, tidak sempurnanya kinerja intercooler, pelumasan yang berlebihan dikarenakan ausnya housing pada injector alpha lubricator, longgarnya ruang pelumasan. Dampak dari peningkatan karbon pada scavenge air adalah terjadi kebakaran di scavenge air, tidak optimalnya kinerja mesin induk, tergangunya pembisalan di scavenge air. Upaya menanggulangi meningkatnya karbon pada scavenge air adalah melakukan perawatan, pembersihan, atau pergantian suku cadang (spare part) dengan pembongkaran pada bagian yang mengalami masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Scavenge air manifold, Fishbone dan SHEL, Main Engine
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2020 04:09
Last Modified: 26 Nov 2020 04:09
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2980

Actions (login required)

View Item View Item