ANALISA PENURUNAN KERJA L.O COOLER PADA MAIN ENGINE DI KM. PRATIWI RAYA

REZA, MUKTI NURHUDA (2020) ANALISA PENURUNAN KERJA L.O COOLER PADA MAIN ENGINE DI KM. PRATIWI RAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155809T_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155809T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155809T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155809T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://repository.pip-semarang.ac.id/

Abstract

INTISARI Reza Mukti Nurhuda, NIT : 52155809.T, 2020 “Analisa penurunan kerja L.O Cooler pada Main Engine di KM. Pratiwi Raya”, Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing: (I) Dwi Prasetyo, M.M, M.Mar.E., M.Mar.E Pembimbing II: Yustina Sapan S.ST., M.M. Main Engine adalah suatu instalasi mesin/unit penggerak kapal, merupakan mesin utama yang mendukung operasional kapal dengan menghasilkan tenaga pendorong dengan cara mengubah tenaga mekanik/gerak menjadi tenaga pendorong, dimana tenaga mekanik/gerak dari hasil pembakaran bahan bakar diesel didalam motor itu sendiri diubah menjadi tenaga pendorong menggunakan system transmisi. Tenaga mekanik yang diubah oleh gear box tersebut kemudian disalurkan propeller, dengan demikian kebutuhan akan tenaga pendorong diatas kapal dapat dipenuhi meskipun kapal berlayar dalam waktu yang panjang. Jenis metode penelitian skripsi ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fishbone analysis dan SHELL untuk mempermudah dalam teknik analisis data. Metode pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara untuk memperkuat dalam analisis data dan pembahasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab menurunnya kerja L.O cooler, mengetahui dampak yang disebabkan menurunnya kerja dari L.O cooler dan mengetahui solusi yang dilakukan untuk meningkatkan kerja dari L.O cooler di KM. Pratiwi Raya. Berdasarkan hasil penelitian penulis, dapat disimpulkan bahwa penyebab menurunnya kerja L.O cooler adalah 1) PMS tidak tepat waktu. 2) pipa dalam L.O cooler tersumbat. 3) termometer tidak akurat. 4) pengaruh ombak. 5) kurang pengetahuan dan keterampilan. 6) pipa air laut L.O cooler bocor. Dampak yang ditimbulkan adalah 1) daya fungsi L.O cooler berkurang. 2) pendinginan minyak lumas tidak maksimal. 3) temperatur main engine meningkat. 4) temperatur main engine dan putaran mesin meningkat. 5) kelalaian dalam melaksanakan perawatan. 6) tekanan air laut turun. Upaya mencegahannya adalah 1) meningkatkan kedisiplinan crew mesin. 2) sogok L.O cooler. 3) penggantian termometer. 4) selalu memonitor temperatur dan tekanan L.O cooler. 5) memberikan pengarahan, pendidikan dan pelatihan tentang perawatan dan perbaikan main engine. 6) penggantian pipa yang bocor dan pengecatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : L.O Cooler pada Main Engine, analisa penurunan
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2020 04:01
Last Modified: 26 Nov 2020 04:01
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2978

Actions (login required)

View Item View Item