OPTIMALISASI PEMBONGKARAN MUATAN CRUDE OIL DENGAN MENGGUNAKAN TRIM BY THE STERN (MENDONGAK) DI MT. BULL SULAWESI

HENDRAWAN, FITRI ADI (2020) OPTIMALISASI PEMBONGKARAN MUATAN CRUDE OIL DENGAN MENGGUNAKAN TRIM BY THE STERN (MENDONGAK) DI MT. BULL SULAWESI. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (531611106001 N _SKRIPSI_FULL TEXT)
531611106001 N _SKRIPSI_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611106001 N_SKRIPSI_OPEN ACCESS)
531611106001 N_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Adi, Hendrawan Fitri 531611106001 N, 2020, “Optimalisasi Pembongkaran Muatan Crude Oil dengan Menggunakan Trim by The Stern (Mendongak)”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Hadi Supriyono, M.M., M.Mar, Pembimbing II: Febria Surjaman, M.T, M.Mar.E Kebutuhan minyak di dunia terus meningkat, meskipun saat ini banyak negara yang mendalami potensi energi terbarukan. Salah satu contoh negara dengan konsumsi minyak terbesar di Asia Tenggara adalah Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan minyak dalam maupun luar negeri salah satu media transportasi untuk mengangkut minyak dalam jumlah besar yaitu kapal. Kebutuhan yang besar membuat perusahaan pelayaran berlomba-lomba untuk ikut andil dalam penyediaan jasa transportasi. Akan tetapi dikarenakan pembuatan kapal baru memakan biaya besar membuat banyak perusahaan pelayaran yang lebih memilih untuk membeli kapal bekas yang dimana kondisinya tidak seutuhnya baik dan kemungkinan menimbulkan masalah ketika dioperasikan. MT. Bull Sulawesi merupakan salah satu kapal yang mengalami masalah saat pembongkaran, sehingga proses pembongkaran tidak berjalan maksimal. Oleh sebab itu para crew kapal mencari cara agar proses pembongkaran muatan agar berjalan optimal. Salah satu cara untuk mengoptimalkan proses pembongkaran muatan ini yaitu dengan menggunakan trim by the stern (mendongak). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab masih adanya sisa muatan dalam tangki setelah proses pembongkaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Observasi, wawancara dan studi pustaka dilakukan untuk mengumpulkan data. Untuk menguji keabsahan data, peneliti kemudian melakukan triangulasi metode. Data yang sudah teruji keabsahannya dianalisis dengan menggunakan fishbone diagram. Analisis data menghasilkan simpulan bahwa faktor penyebab pembongkaran kurang maksimal sehingga masih terdapat sisa muatan setelah proses pembongkaran adalah keadaan equipment yang ada di MT. Bull Sulawesi sudah banyak mengalami kerusakan seperti kinerja stripping pump yang tidak optimal, cargo oil tank tidak kedap, kerusakan pada boiler, yang disebabkan kurang adanya maintenance dari kapal maupun dari perusahaan, serta tidak adanya SOP dalam proses stripping, sehingga pelaksanaan stripping hanya didasarkan pada pengalaman para Officer saja. Upaya yang dilakukan agar pembongkaran muatan dengan menggunakan trim by the stern (mendongak) dapat berjalan dengan optimal yaitu dengan menerapkan formula stripping yang telah dibuat oleh para Officer yang pernah on board di MT. Bull Sulawesi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Optimalisasi, pembongkaran, trim by the stern (mendongak), stripping
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 18 Nov 2020 08:00
Last Modified: 18 Nov 2020 08:00
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2883

Actions (login required)

View Item View Item