ANALISIS PUTUSNYA TALI TAMBAT MV. ASIKE GLOBAL PADA SAAT SANDAR DI PELABUHAN MAAM, SUNGAI DIGOEL, PAPUA

ABIYYU, ADINEGORO (2020) ANALISIS PUTUSNYA TALI TAMBAT MV. ASIKE GLOBAL PADA SAAT SANDAR DI PELABUHAN MAAM, SUNGAI DIGOEL, PAPUA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (531611105930N_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611105930N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611105930N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611105930N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Abiyyu Adinegoro, NIT: 531611105930 N, 2020, “Analisis Putusnya Tali Tambat MV. Asike Global Pada Saat Sandar di Pelabuhan Maam Sungai Digoel Papua”. Skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Capt. Suherman, M.Si., M.Mar., Pembimbing II : Capt. Karolus Geleuk Sengadji, M.M Kegiatan sandar merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melaksanakan bongkar atau muat di pelabuhan. Pada saat kapal sandar diperlukan tali – tali tambat yang berfungsi untuk menambatkan kapal ke dermaga supaya kapal tidak terbawa arus, angin ataupun gelombang yang terdapat di perairan. Namun terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan putusnya tali tambat yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor diakibatkan dari dalam kapal itu sendiri sementara faktor eksternal adalah faktor yang diakibatkan dari luar kapal, dalam hal ini yaitu faktor alam. Dalam pelaksanaanya penelitian ini dilakukan di atas MV. Asike Global dengan waktu penelitian bulan Agustus 2018 sampai dengan bulan Agustus 2019. Dalam menyusun penelitian, menguji data, mengolah data, membahas hasil penelitian, menarik kesimpulan dan saran penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sehingga peneliti dapat memaparkan hasil peneliti yang diperoleh melalui wawancara dengan responden, mengumpulan data-data yang di peroleh untuk dijadikan dokumentasi guna mendukung keabsahan data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian selama melaksanakan pelayaran terdapat beberapa faktor yang menyebabkan putusnya tali tambat MV. Asike Global pada saat sandar di pelabuhan Maam sungai Digoel Papua, diantara lain faktor internal meliputi, kondisi tali tambat yang sudah lapuk karena kurangnya maintenance, kurang matangnya mooring plan yang dilakukan oleh perwira dek pada sebelum kapal sandar dan lalainya crew kapal dalam mengawasi tali tambat pada saat kapal sandar. Selain faktor internal terdapat faktor eksternal yang diakibatkan dari luar kapal dalam hal ini faktor alam yaitu pasang dan surut yang mengakibatkan arus sungai menjadi kencang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Analisis, Putus, Tali tambat, Faktor
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 17 Nov 2020 07:10
Last Modified: 17 Nov 2020 07:10
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2841

Actions (login required)

View Item View Item