Analisis Voyage Performance Pra dan Pasca Docking di LPG/c Griya Borneo

ANINDA, SUKMARINANTI REFIKSIWI (2020) Analisis Voyage Performance Pra dan Pasca Docking di LPG/c Griya Borneo. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (531611105963N_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611105963N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611105963N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
531611105963N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Aninda Sukmarinanti Refikasiwi, NIT: 531611105963 N, 2020, “Analisis Voyage Performance Pra dan Pasca Docking di LPG/c Griya Borneo”. Skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Capt. M. Suwiyadi, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II: Budi Joko Rahardjo M.M. Analisis voyage performances sangat dibutuhkan dalam suatu pelayaran untuk mengetahui apakah pelayaran yang dilakukan sudah terlaksana dengan baik. Dalam meningkatkan performa kapal, salah satunya dengan melaksanakan maintenance atau perawatan pada kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan performa kapal pada pelayaran pra dan pasca docking. Selain itu untuk mengetahui banyaknya distribusi muat dan bongkar muatan Anhydrous Ammonia dari PKT Bontang menuju Petrokimia, Gresik. Sebelum melaksanakan suatu pelayaran, maka terlebih dahulu harus dibuat rencana pelayaran, yang dalam hal ini lebih ditujukan pada pembuatan/penentuan arah-arah (haluan) yang harus ditempuh sejak dari tempat bertolak atau tempat berangkat hingga ke tempat tujuan atau tempat tiba. Dalam membuat suatu trek pelayaran haruslah memegang prinsip bahwa pelayaran yang akan ditempuh harus dapat terselenggara dengan selamat dan efisien Dalam pelaksanaanya penelitian ini dilakukan di atas kapal LPG/c Griya Borneo dengan waktu penelitian bulan Agustus 2018 sampai dengan bulan Agustus 2019. Dalam menyusun penelitian, menguji data, mengolah data, membahas hasil penelitian, menarik kesimpulan dan saran penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sehingga peneliti dapat memaparkan hasil peneliti yang diperoleh melalui wawancara dengan responden, mengumpulan data-data yang di peroleh untuk dijadikan dokumentasi guna mendukung keabsahan data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian selama melaksanakan pelayaran terdapat hal yang menghambat pelaksanaan analisis voyage performances yakni waktu anchor kapal yang terlalu lama karena sifat charter nya dan dimanfaatkan untuk melaksanakan intermediate docking pada 2-3 tahun dari special survey sebelumnya. Ditemukan sebelum docking banyak dari bagian kapal yang dirasa perlu mendapatkan maintenance khusus, dalam hal ini khususnya pada main engine kapal. Sehingga pada data hasil penelitian terdapat adanya perbedaan kecepatan, waktu tempuh serta jumlah muatan yang diangkut kapal pada voyage pra dan pasca docking. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa kendala yang dialami saat pelaksanaan dapat diatasi dengan menyiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum kapal berangkat dengan menyiapkan suatu rancangan pelayaran yang telah disiapkan. Dalam menganalisi suatu pelayaran dapat disimpulkan pentingnya melakukan perhitungan data sebelum kapal berangkat mengetahui dan mengevaluasi lamanya suatu pelayaran dari pelabuhan tolak menuju pelabuhan tiba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Analisis, Voyage Performance, Docking..
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2020 02:54
Last Modified: 16 Nov 2020 02:54
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2796

Actions (login required)

View Item View Item