MAULANA, ADHA (2020) PENUMPUKAN POSISI RANTAI JANGKAR SAAT HEAVING UP PADA CHAIN LOCKER di MT. GEGER LINTANG. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (531611105950N_SKRIPSI_FULLTEXT)
531611105950N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Pdf (531611105950N_SKRIPSI_OPEN_ACCES)
531611105950N_SKRIPSI_OPEN_ACCES.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Maulana Adha, NIT: 531611105950 N, 2020, “Penumpukan Posisi Rantai Jangkar saat Heaving Up pada Chain Locker di MT. Geger Lintang”, Skripsi Program Studi Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Slamet Riyadi, M.Si., M.Mar., Pembimbing II: Daryanto, SH, MM. . Ketika penulis melakukan praktek laut di Kapal MT. Geger Lintang, ditemukan adanya masalah atau kendala saat proses Heaving Up, dimana terdapat kendala di Chain Locker dimana rantai jangkar tertumpuk di satu titik yang mengakibatkan jangkar tidak bisa masuk ke ulup jangkar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya penumpukan posisi rantai jangkar yang menghambat proses olah gerak saat heaving up jangkar, mengetahui dampak yang ditimbulkan dari penumpukan posisi rantai jangkar yang menumpuk satu titik pada chain locker, dan untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan saat operasi heaving up jangkar ketika kapal akan sandar di pelabuhan . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui fishbone analisis. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penumpukan rantai jangkar yang terhambat di chain locker saat heaving up. meliputi perawatan yang tidak sesuai Standard Operasional Procedure (SOP), wildcat pada windlass mengalami keausan, dan faktor alam. Adapun dampak yang ditimbulkan dari ausnya wildcat adalah terhambatnya rantai jangkar pada wildcat saat proses heaving up, keterlambatan saat proses sandar di dermaga, dan terbatasnya olah gerak kapal saat keadaan darurat. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi penumpukan posisi rantai yang menghambat proses heaving up maupun lego jangkar antara lain dengan mengurangi tegangan pada rantai pada saat heave up jangkar dan penambahan stripper bar. Guna meminimalisir dampak penumpukan posisi rantai jangkar yang menumpukan satu titik di chain locker yang menghambat olah gerak saat akan sandar di kapal MT. Geger Lintang, penulis menyarankan agar dilakukan perawatan rutin dan berkala sesuai dengan instruction manual book, pelaksanaan evaluasi oleh crew yang menangani langsung perawatan wildcat pada mesin bantu windlass. Selain itu, perlu adanya pelaksanaan re-build atau pengelasan untuk penambahan pelat besi pada bagian wildcat yang mengalami kendala
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Chain Locker, Heaving Up, mesin windlass, wildcat. |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 13 Nov 2020 07:32 |
Last Modified: | 13 Nov 2020 07:32 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2782 |
Actions (login required)
View Item |