OPTIMALISASI PEMBUATAN PERMIT DAHSUSKIM TERHADAP TENAGA KERJA ASING DI KAPAL TELFORD 25 OLEH PT.BUANA LINTAS LAUTAN TBK CABANG SURABAYA

RONALDO, KRISMAN (2020) OPTIMALISASI PEMBUATAN PERMIT DAHSUSKIM TERHADAP TENAGA KERJA ASING DI KAPAL TELFORD 25 OLEH PT.BUANA LINTAS LAUTAN TBK CABANG SURABAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (531611306273K_SKRIPSI_FULLTEXT_)
531611306273K_SKRIPSI_FULLTEXT_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611306273K_SKRIPSI_OPEN ACCES_)
531611306273K_SKRIPSI_OPEN ACCES_.pdf

Download (7MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Ronaldo Krisman Purba, 531611306273 K, 2020, ”Optimalisasi Pembuatan Permit Dahsuskim Terhadap Tenaga Kerja Asing Di Kapal Telford 25 Oleh PT.Buana Lintas Lautan Tbk Cabang Surabaya”. Skripsi program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I : Sri Suyanti, SS, M.Si Pembimbing II : Capt.Ali Imran Ritonga, MM, M.Mar Dahsuskim merupakan Izin Tinggal Terbatas Kemudahan Khusus Keimigrasian yang diperuntukan khusus untuk tenaga kerja asing yang bekerja di atas kapal atau alat apung di wilayah perairan Indonesia.proses pengurusan yang lama menimbulkan dampak yang tidak sedikit bagi tenaga kerja asing dan perusahaan.Dalam melakukan pelayanannya seorang staf operasional tidak luput dari suatu kendala yang dapat menghambat jalannya aktifitas pekerjaan. Staf operasional PT. Buana Lintas Lautan Tbk cabang Surabaya telah melakukan upayaupaya untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Metode yang digunakan peneliti adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara teknik wawancara, teknik observasi, teknik dokumentasi, dan teknik pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan staf operasioal, kendala yang dihadapi, dan upaya yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui: (1) Apa yang menyebabkan lamanya proses pengurusan permit tenaga kerja asing di Indonesia oleh kantor imigrasi Kelas II Tpi Singaraja adalah banyaknya langkah-langkah atau proses pengurusan Dahsuskim secara prosedur dan ketentuan yang sudah berlaku sudah memakan waktu yang lama; (2) Tenaga kerja asing yang akan bekerja di Indonesia harus menunggu dan menunda kerja setelah kedatangan di bandara Ngurahrai dengan waktu yang cukup lama dikarenakan menunggu proses pengurusan Dahsuskim atau ijin bekerja dengan waktu yang lama. Menyebabkan kerugian bagi tenaga kerja asing dan perusahaan;(3) upaya yang dilakukan oleh PT. Buana Lintas Lautan Tbk untuk mengatasi faktor yang menyebabkan lamanya proses pengurusan permit tenaga kerja asing oleh kantor imigrasi Kelas II Tpi Singaraja dengan cara meminta salinan passport sebelum kedatangan tenaga kerja asing di Indonesia agar pihak keagenan bisa mengurus perijinan terlebih dahulu sebelum tenaga kerja asing itu datang ke Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Dahsuskim, Optimalisasi Pengurusan, Tenaga Kerja Asing
Subjects: Skripsi > KALK
Divisions: Ketatalaksanaan Angkutan Laut
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2020 07:10
Last Modified: 05 Nov 2020 07:10
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2695

Actions (login required)

View Item View Item