MIFTAHUDDIN, LATHIF (2020) Pelaksanaan Port Operation Command Center (POCC) di PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) III Tanjung Emas Semarang Terhadap Pelayanan Jasa. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (531611306263K_PROSIDING_FULLTEXT)
MIFTAH (531611306263 K) PROSIDING.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
Abstract
Intisari, penerapan Port Operation Command Center (POCC) di PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) III Semarang terhadap Pelayanan Jasa Pelayaran merupakan pengembangan pelayanan jasa dalam aktivitas kepelabuhanan di PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) III Semarang pelayanan jasa yang maksimal akan sangat mempengaruhi perkembangan arus kegiatan yang terjadi di pelabuhan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui peran POCC sebagai penyedia layanan jasa berbasis internet yang mumpuni, mengetahui kendala yang dijumpai dalam pelayanan kepelabuhanan dan mengetahui upaya dalam mengatasi kendala pelayanan yang dijumpai POCC di PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) III Semarang. Penulisan ini berlandaskan teori dan kenyataan dilapangan yang menjelaskan tentang judul yang diangkat berkaitan dengan pelayanan jasa sesui tugas pokok dan peraturan perundangundangan yang mengatur tentang pelayanan jasa khususnya di PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) III Semarang. Disertai pula kerangka berpikir yang mendasari penulisan ini. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis di dalam menyampaikan masalah adalah deskriptif kualitatif untuk menggambarkan dan menguraikan objek yang diteliti. Berdasarkan cara memperolehnya, data yang diperoleh selama penelitian sebagai pendukung tersusunya penulisan ini adalah menggunakan data primer dan sekunder. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa pelayanan jasa dengan sistem POCC di PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) III Semarang: 1) Pelaksanaan pelayanan jasa oleh POCC dengan menyediakan layanan kepada 2 kategori pemangku kepentingan, yaitu Eksternal a) Agen Pelayaran dan Cargo Owner. b) Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS). c) Perusahaan Trucking. d) Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan. Internal a) Pelindo Marine Service. b) Terminal Pelindo III. 2) Kendala-kendala yang dihadapi POCC. 4) Upaya untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan pelayanan jasa. Berdasarkan hasil penelitian ini simpulan pada pelayanan jasa, yaitu: a) Pelaksanaan pelayanan jasa sesuai dengan kebutuhan pengguna jasa. b) Kendala-kendala yang terjadi secara umum dilakukan oleh pengguna jasa dan kerusakan unit tunda. c) dari kendala tersebut dapat diatasi dengan pelayanan yang maksimal perbaikan unit tunda untuk keperluan pelayanan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : POCC, Pelayanan Jasa, PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) III. |
Subjects: | Prosiding > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 02:22 |
Last Modified: | 19 Oct 2020 02:22 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2651 |
Actions (login required)
View Item |