PENERAPAN PORT OPERATION COMMAND CENTER (POCC) DI PT. PELABUHAN INDONESIA (PERSERO) III SEMARANG TERHADAP PELAYANAN JASA PELAYARAN

MIFTAHUDDIN, LATHIF (2020) PENERAPAN PORT OPERATION COMMAND CENTER (POCC) DI PT. PELABUHAN INDONESIA (PERSERO) III SEMARANG TERHADAP PELAYANAN JASA PELAYARAN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (531611306263K_SKRIPSI_FULLTEXT)
MIFTAH (531611306263 K) SKRIPSI FULL TEXT..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (531611306263K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
MIFTAH (531611306263 K) OPEN ACCESS.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Miftahuddin Lathif, 531611306263, 2020, “Penerapan Port Operation Command Center (POCC) di PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) III Semarang Terhadap Pelayanan Jasa Pelayaran”, Program Diploma IV, Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing 1 dan 2: Poernomo Dwiatmojo, SH, MH. dan Capt. Karolus Geleuk Sengadji, M.M. Untuk mendukung kelancaran transportasi angkutan laut dalam pelayanan kapal maupun terminal, maka dalam penulisan skripsi ini menguraikan tentang bagaimana, “Penerapan Port Operation Command Center (POCC) di PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) III Semarang Terhadap Pelayanan Jasa Pelayaran”, dalam aktivitas kepelabuhanan di PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) III Semarang pelayanan jasa yang maksimal akan sangat mempengaruhi perkembangan arus kegiatan yang terjadi di pelabuhan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui peran POCC sebagai penyedia layanan jasa berbasis internet yang mumpuni, mengetahui kendala yang dijumpai dalam pelayanan kepelabuhanan dan mengetahui upaya dalam mengatasi kendala pelayanan yang dijumpai POCC di PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) III Semarang. Penulisan ini berlandaskan teori dan kenyataan dilapangan yang menjelaskan tentang judul yang diangkat berkaitan dengan pelayanan jasa sesui tugas pokok dan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang pelayanan jasa khususnya di PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) III Semarang. Disertai pula kerangka berpikir yang mendasari penulisan skripsi. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis di dalam menyampaikan masalah adalah deskriptif kualitatif untuk menggambarkan dan menguraikan objek yang diteliti. Berdasarkan cara memperolehnya, data yang diperoleh selama penelitian sebagai pendukung tersusunya penulisan skripsi ini adalah menggunakan data primer dan sekunder. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa pelayanan jasa dengan sistem POCC di PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) III Semarang: 1) Pelaksanaan pelayanan jasa oleh POCC dengan menyediakan layanan kepada 2 kategori pemangku kepentingan, yaitu Eksternal a) Agen Pelayaran dan Cargo Owner. b) Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS). c) Perusahaan Trucking. d) Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan. Internal a) Pelindo Marine Service. b) Terminal Pelindo III. 2) Kendala-kendala yang dihadapi POCC. 4) Upaya untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan pelayanan jasa. Berdasarkan hasil penelitian ini simpulan pada pelayanan jasa, yaitu: a) Pelaksanaan pelayanan jasa sesuai dengan kebutuhan pengguna jasa. b) Kendala-kendala yang terjadi secara umum dilakukan oleh pengguna jasa dan kerusakan unit tunda. c) dari kendala tersebut dapat diatasi dengan pelayanan yang maksimal perbaikan unit tunda untuk keperluan pelayanan. ABSTRACT Miftahuddin Lathif, 531611306263, 2020, "Implementation of the Port Operation Command Center (POCC) at PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) III Semarang For Shipping Services ", Diploma IV Program, Port and Shipping Departement, Semarang Merchant Marine Polytechnic, 1st Advisor: Poernomo Dwiatmojo, SH, MH. And 2nd Advisor: Capt. Karolus Geleuk Sengadji, M.M. To support the sea transportation in ship and terminal services properly , this thesis describes how, "The Implementation of the Port Operation Command Center (POCC) at PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) III Semarang For Shipping Services ", for maximum port activities and services at PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) III Semarang will greatly affect the development of activities at the port. This aims to determine the role of POCC as a qualified internet-based service provider, know the obstacles to be encountered in port services and find out the efforts in overcoming service obstacles which will be encountered by POCC in PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) III Semarang. This writing is based on theories and reality that explain the title that is raised relating to the services according to the main tasks and legislation governing services especially in PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) III Semarang. It’s also accompanied by a framework of thinking that underlies the thesis writing. The research method which is used by the author in presenting the problem is descriptive qualitative to describe the following object. Based on how to obtain it, the data is obtained during the study and help the making of the thesis writing by using primary and secondary data. From the research, it was found out that service with POCC system in PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) III Semarang: 1) Implementation of services by POCC provides services divided into 2 categories of stakeholders, which are external: a) Shipping Agents and Cargo Owners. b) Private interest terminal. c) Trucking Company. d) Port and Harbor Master Authority, and internal a) Pelindo Marine Service. b) Pelindo III Terminal. 2) Constraints that’s faced by POCC. 3) The efforts to overcome the obstacles in the implementation of the services. Based on the results of this study conclusions on services, which are: a) The implementation of the services in accordance with the needs of the customers. b) Common constraints that’s happened are carried out by the customers and the damage of delay units. c) From these obstacles can be overcome by providing maximum service to repair the unit delay for services needs.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : POCC, Pelayanan Jasa, Pelindo III Keywords: POCC, Port Services, Pelindo III
Subjects: Skripsi > KALK
Divisions: Ketatalaksanaan Angkutan Laut
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2020 02:20
Last Modified: 19 Oct 2020 02:22
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2650

Actions (login required)

View Item View Item