Upaya Meningkatkan Pelayanan Terhadap Jumlah Pandu Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

BELATRIX, GARNIS (2020) Upaya Meningkatkan Pelayanan Terhadap Jumlah Pandu Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (531611306255K_PROSIDING_FULLTEXT)
531611306255K_PROSIDING_FULL TEXT .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Intisari-Dalam memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada masyarakat. Pelabuhan di Indonesia dituntut untuk dapat lebih meningkatkan peranannya dalam memberikan pelayanan jasa sebaik mungkin kepada masyarakat laut seperti di Pelabuhan Tanjung Emas daftar kunjungan kapal per bulan Agustus 2018 hingga Agustus 2019 dalam keadaan yang fluktuatuif. Dengan meningkatnya kunjungan kapal yang besar maka Pelabuhan Tanjung Emas membutuhkan personil pandu tambahan guna meningkatkan kinerja pelayanan kegiatan pemanduan secara optimal. Tidak hanya itu, penambahan sarana prasarana seperti motor pandu dan motor tunda juga perlu ditingkatkan, karena keterbatasan jumlah sarana dan prasarana di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang membuat kinerja pelayanan pemanduan berkurang. Kemampuan dan kopeteni pandu mengenai penggunaan bahasa inggris juga kurang memadai, karena jumlah kunjungan kapal yang datang di Pelabuhan Tanjung Emas ini tidak hanya kapal lokal saja tetapi terdapat kapal assing pula. Dampak yang terjadi jika pandu tidak meningkatkan pelayanan di Pelabuhan tanjung Emas semarang adalah kinerja pelayanan pemanduan tidak berjalan dengan optimal. Upaya untuk mengatasi hal tersebut, dengan menambah jumlah personil pandu, menambah sarana dan prasarana seperti motor pandu dan kapal tunda, serta meningkatkan kemampuan dan kopetensi pandu dengan maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah jumlah pandu sudah memadai dan apakah pandu sudah meningkatkat pelayanan berdasarkan jumlah kunjungan kapalnya. Sumber data adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara,dokumentasi dan studi pustaka. Metode penelitian ini dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada analisis jumlah pandu di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang kebutuhan personil pemanduan belum memadai serta sarana bantu pemanduan juga belum memadai, hal ini dikarenakan jumlah kunjungan kapal dari bulan Agustus 2018 hingga Agustus 2019 sangat fluktuatif, namun dari perhitungan kunjungan kapal dengan 9 personil pandu tambahan dan sarana bantu tambahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Analisis, Jumlah Pandu, Meningkatkan Pelayanan
Subjects: Prosiding > KALK
Divisions: Ketatalaksanaan Angkutan Laut
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2020 01:51
Last Modified: 05 Oct 2020 01:51
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2619

Actions (login required)

View Item View Item