NURIL, MUHAMMAD ABRAR (2020) ANALISA PENYEBAB TERBAKARNYA STUFFING BOX MESIN INDUK DI KAPAL MT.GREEN GLOBAL. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (52155721T_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155721 T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (52155721T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155721 T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
Abstract
INTISARI Nuril Muhammad Abrar Fachriansyah,2020,NIT: 52155721.T, “Analisa penyebab terbakarnya stuffing box mesin induk di kapal MT.Green Global”, skripsi Program Studi Teknika, Progran Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Nasri, MT, M.Mar E dan Pembimbing II: Slamet Riyadi, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab terbakarnya stuffing box mesin induk di kapal MT.Green Global dengan menggunakan metode fishbone analysis dan SHEL. Peran mesin induk sebagai motor penggerak utama kapal sangat penting, jika kerja mesin induk tidak optimal akan berdampak buruk pada mobilitas kapal yang dapat terganggu, dengan menggunakan metode fishbone analysis dan SHEL untuk mencari faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terbakarnya stuffing box mesin induk sehingga dapat ditemukan upaya penyelesaiannya untuk menghindari terjadinya kejadian serupa di waktu yang akan datang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MT.Green Global dan dengan menggunakan metode fault tree analysis dan SHEL menghasilkan faktorfaktor yang dapat menyebabkan terbakarnya stuffing box mesin induk adalah masuknya hasil pembakaran ke ruang stuffing box, kotornya ruang stuffing box underpiston akibat terlalu banyak sludge yang terakumulasi,udara pembilasan yang kurang terdistribusi secara optimal ke seluruh silinder,serta bermasalahnya mesin bantu penunjang kinerja mesin induk. Hasil yang diperoleh setelah dianalisis menunjukkan bahwa pertama : tujuan dari perawatan dan perbaikan bagian yang rusak pada mesin induk merupakan langkah awal untuk mencegah terjadinya kebakaran pada stuffing box dikarenakan dengan dilakukanya perawatan dan perbaikan yang rutin maka performa mesin akan tetap terjaga, Kedua : terbakarnya stuffing box mesin induk tidak hanya disebabkan karena faktor dalam mesin induk itu sendiri namun juga faktor luar yang secara tidak langsung memengaruhi kinerja mesin induk dan ketiga : perawatan pada sistem udara pembilasan juga dapat mencegah terjadinya kebakaran pada ruang stuffing box. ABSTRACT Nuril Muhammad Abrar Fachriansyah, 2020, NIT: 52155721.T, "Analysis the cause of burning in main engine stuffing box on MT.Green Global ", thesis of study Program Teknika, Diploma IV Program, Merchant Marine Polytechnic of Semarang, Supervisor I: Nasri, MT, M.Mar E and supervisior II: Slamet Riyadi, M.Si. The purpose of this research was to determine the cause of the burning of the main engine stuffing box on the MT.Green Global using fishbone analysis and SHEL methods. The role of the main engine as the main driving force of the ship is very important, if the work of the main engine is not optimal it will have a negative impact on the mobility of the ship that can be disrupted, by using the fishbone analysis and SHEL method to look for any factors that cause the engine's stuffing box fire so that it can a solution was found to avoid similar incidents in the future. Based on the results of research conducted at MT.Green Global and by using the fault tree analysis and SHEL methods produce factors that can cause the burning of the main engine stuffing box is the entry of the combustion results into the stuffing box, dirty underpiston stuffing box space due to too much sludge accumulates, less optimal distribution of flushing air to all cylinders, and problems with supporting engines to support the main engine's performance. The results obtained after analysis show that first: the purpose of maintenance and repair of damaged parts on the main engine is the first step to prevent fires in the stuffing box due to routine maintenance and repair, the engine performance will be maintained, Second: the burning of the stuffing box The main engine is not only caused by factors within the main engine itself but also external factors that indirectly affect the performance of the main engine and third: maintenance on
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Mesin induk, Stuffing box, Underpiston, terbakar. Keywords: Main engine, Stuffing box, Underpiston, Burnt |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 00:47 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 00:47 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2586 |
Actions (login required)
View Item |