PENGARUH KEBOCORAN HYDRAULIC CYLINDER UNIT TERHADAP MECHANICAL HYDRAULIC SYSTEM LAYOUT MAIN ENGINE DI MT.SERUI

JEVRI SANJAYA, PUTRA PERDANA (2020) PENGARUH KEBOCORAN HYDRAULIC CYLINDER UNIT TERHADAP MECHANICAL HYDRAULIC SYSTEM LAYOUT MAIN ENGINE DI MT.SERUI. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155802T_SKRIPSI_FULLTEXT)
(SKRIPSI FULL).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155802T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
OPEN SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Jevri Sanjaya Putra Perdana S, NIT. 52155802.T, 2020 “Pengaruh Kebocoran Hydraulic Cylinder Unit Terhadap Ruang Sistem Hidrolik Mekanik Mesin Induk Di MT.Serui “, Program Diploma IV, Teknika, Politeknik Imu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : H,Rahyono, M.M,M.Mar.E dan Pembimbing II: Moh Zaenal Arifin, S.ST, M.M Hydraulic Control Unit merupakan alat untuk mengontrol injeksi bahan bakar dalam mengendalikan penggunaan bahan bakar yang diinjeksikan serta besarnya udara ke dalam ruang bakar sehingga penggunaan bahan bakar lebih efisien. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1)Apakah rusaknya O-ring membuat destruktur dan defreksi pada bentuk O-ring sehingga menyebabkan kebocoran pada celah sambungan pipa?, 2)Apakah keretakan pada fitting hidrolik dikarenakan getaran yang berlebihan dan tekanan yang tinggi menekan badan fitting menyebabkan kerusakan pada ulir fitting dan terjadi kebocoran? dan 3)Apakah retaknya pipa distribusi diantara fitting hidrolik dan badan pipa distribusi sehingga menimbulkan kebocoran?. Analisis data yang digunakan adalah analisis data fishbone dan Metode pengumpulan data yang penulis lakukan adalah Observasi, Dokumentasi dan Wawancara untuk memperkuat dalam analisis data dan pembahasan. Hasil penelitian faktor penyebab kebocoran hydraulic control unit pada mesin induk adalah 1)Kelalaian masinis dan kurangnya perhatian khusus, 2)Jadwal perawatan atau penggantian yang tidak terencana, 3)Rusaknya O-ring membuat destruktur dan defreksi pada bentuk O-ring sehingga menyebabkan kebocoran pada celah sambungan pipa, 4)Keretakan pada fitting hidrolik dikarenakan getaran yang berlebihan dan tekanan yang tinggi menekan badan fitting menyebabkan kerusakan pada ulir fitting dan terjadi kebocoran, 5)Retaknya pipa distribusi diantara fitting hidrolik dan badan pipa distribusi sehingga menimbulkan kebocoran, 6)Getaran yang berlebihan dari mesin. Faktor-faktor penyebab kebocoran hydraulic control unit dari rusaknya Oring, keretakan dan kerusakan fitting hidrolik, dan keretakan pipa distribusi. Upaya yang perlu dilakukan adalah pengecekan dan perawatan pada komponenkomponennya dan harus dilakukan penggantian sesuai dengan spesifikasi pada manual book apabila sudah mengalami kerusakan, perbaikan kebocoran dan penggantian pipa distribusi yang berbahan logam dengan pipa selang hidrolik yang berbahan karet sehingga dapat lebih fleksibel dalam meredam getaran sehingga dapat meminimalisir terjadinya kebocoran. ABSTRACT Jevri Sanjaya Putra Perdana S, NIT. 52155802.T, 2020 “Effect of Hydraulic Cylinder Unit Leaks Against Mechanical Engine Hydraulic System Room In MT. Serui”, Thesis of Engineering Study Program, Diploma IV Program, Merchant Marine Polytechnic of Semarang, Advisor I: H. Rahyono,SP.1,M.M,M.Mar.E, Advisor II: Moh Zaenal Arifin, S.ST, M.M. Hydraulic Control Unit is a tool to control fuel injection in controlling the use of injected fuel and the amount of air into the combustion chamber so that the use of fuel is more efficient. The formulation of the problem in this study are 1) Does the O-ring damage make the O-ring shape and damage the structure and cause leakage in the pipe connection gap? 2) Is the crack in the hydraulic fitting due to excessive vibration and high pressure pressing the fitting body causing damage to the threaded fittings and leakage? and 3) Does the distribution pipe crack between the hydraulic fitting and distribution pipe body causing leakage ?. Analysis of the data used is the analysis of fishbone data and the method of data collection by the author is Observation, Documentation and Interview to strengthen the data analysis and discussion. The results of this study are the factors causing the leakage of the hydraulic control unit on the main engine are 1) Engineer's negligence and lack of special attention, 2) Schedule of maintenance or unplanned replacement, 3) damage to the O-ring makes damage and deflection in the shape of the O-ring, causing leakage in the pipe connection gap, 4) cracks in the hydraulic fittings due to excessive vibration and high pressure pressing the fitting body causing damage to the screw thread and leakage, 5) cracking of the distribution pipe between the hydraulic fitting and the distribution pipe body causing leakage, 6) Excessive vibration from the engine. To avoid the factors that cause leakage of the hydraulic control unit from O-ring damage, cracks and damage to hydraulic fittings, and distribution pipe cracks. Then it is necessary to check and care on its components and must be replaced according to the specifications in the manual book if it has been damaged, repair leaks and replacement of metal-made distribution pipes with hydraulic hose made from rubber so that it can be more flexible in reducing vibration so that it can minimize the occurrence of leakage.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kebocoran Hydraulic Cylinder Unit, Fishbone Keywords: Leakage, Hydraulic Cylinder Unit, Fishbone
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:58
Last Modified: 24 Aug 2020 06:58
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2563

Actions (login required)

View Item View Item