OPTIMALISASI PERAWATAN INJECTOR GUNA MENUNJANG PERFORMA DIESEL GENERATOR DI MT. SERANG JAYA

DWI, NUR HALIMAH (2020) OPTIMALISASI PERAWATAN INJECTOR GUNA MENUNJANG PERFORMA DIESEL GENERATOR DI MT. SERANG JAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155825T_SKRIPSI_FULLTEXT)
525155825_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155825T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155825_SKRIPSI_OPEN_ACCES.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Dwi Nur Halimah, 2020, NIT : 52155825, “Optimalisasi perawatan injector guna menunjang performa Diesel Generator di MT. Serang Jaya”, Skripsi Teknika, Program Diploma Program IV, Politeknik Ilmu Pelaaran Semarang, Pembimbing I: Febria Surjaman, M.T. Pembimbing II: Andi Wahyu Hermanto, M.T. Injector adalah suatu alat untuk menyemprotkan bahan bakar minyak menjadi kabut halus atau gas yang akan mempermudah gas tersebut terbakar di dalam silinder mesin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Faktor penyebab kurang optimalnya perawatan pada injector 2) Dampak yang terjadi jika perawatan pada injector kurang optimal 3) Upaya yang dilakukan agar injector dapat bekerja secara optimal. Landasan teori yang digunakan dalam penulisan skripsi ini bersumber pada buku yang disusun oleh Jusak Johan Handoyo yang diberi judul Mesin Diesel Penggerak Utama Kapal pada tahun 2015. Metode Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, observasi dengan mengamati pada saat perawatan di MT. Serang Jaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data Fishbone dan Software, Hardware, Enviroment dan Liveware (SHEL). Hasil penelitian ini adalah kurangnya perawatan injector diakibatkan oleh kurangnya penerapan PMS, kualitas bahan bakar yang kurang baik dan nozzle, spring yang sudah rusak. Dampak dari kurang optimalnya perawatan injector adalah injector Diesel Generator kurang terawat, pengabutan menjadi tidak sempurna dan tekanan maksimal pada silinder nomor 4 mengalami penurunan. Upaya yang dilakukan adalah melakukan perawatan sesuai dengan PMS , menambahkan FOT dan melakukan penggantian pada nozzle, spring yang sudah rusak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kurang optimalnya perawatan injector disebabkan oleh kurangnya penerapan PMS yang berdampak pada injector bekerja kurang optimal. Saran agar injector bekerja secara optimal adalah menerapkan PMS sesuai dengan ketentuan dan melakukan perawatan secara lebih intensif pada injector. ABSTRACT Dwi Nur Halimah, 2020, NIT : 52155825, “Optimize injector Maintenance to support Diesel Generator Performance in MT. Serang Jaya”, Tehnical Thesis, Diploma IV Program, Semarang Merchant Polytechnic, Adviser I: Febria Surjaman, M.T. Adviser II: Andi Wahyu Hermanto, M.T. The injector is a device for spraying fuel oil into a fine mist or gas which will facilitate gas to burn in the engine cylinder. Thus study aims to find out: 1) Factors causing less than optimal maintenance of injector 2) The impact the occurs if the maintenance on the injector is lass than optimal 3) Effort are made injector work optimally. The theoretical foundation used in the writing of this thesis is source from the book complied by Jusak Johan Handoyo, which was named the Diesel Engine the Main Mover Ship in 2015. The research method used is descriptive qualitative using data analysis technique Fishbone and Software, Hardware, Enviroment dan Liveware (SHEL). Data collection is done by interviewing, documentation, observing by observing when maintenance in MT. Serang Jaya. The results of this study are the less of injector maintenance caused by the less of application PMS, poor fuel quality and nozzle, spring was broken. The impact of sless than optimal maintenance of the injector is the Diesel Generator injectors are poorly maintained, ignition becomes imperfect and maximum pressure on cylinder number 4 has decreased. Efforts are made to carry out maintenance in accordance with PMS, add FOT and do a replacement on the nozzle, spring that has been damaged. The conclusion from this study is that the injector maintenance is less than optimal due to the less of PMS application which has an impact on the injector work less than optimal. Suggestions for injector work optimlally is to apply PMS in accordance with the provisions and more intensive maintenance on the injector.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Optimalisasi, Perawatan, Injector, Fishbone, SHEL Keywords : Optimize, Maintenance, Injector, Fishbone, SHEL
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2020 04:03
Last Modified: 11 Aug 2020 04:03
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2494

Actions (login required)

View Item View Item