CHOIRUL, ALFI SYAHRIR (2020) OPTIMALISASI PENANGANAN MUATAN PETI KEMAS UNTUK MENUNJANG KESELAMATAN MUATAN SELAMA DALAM PELAYARAN DI ATAS KAPAL MV. SINAR SUMBA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (52155679N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155679 N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
Pdf (52155679N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155679 N_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Choirul Alfi Syahrir, 2019, NIT: 52155679.N, “Optimalisasi Penanganan Muatan Peti Kemas untuk Menunjang Keselamatan Muatan Selama Dalam Pelayaran di Atas Kapal MV.Sinar Sumba”, Skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si Pembimbing II: Vega Fonsula Andromeda, S.ST, S.Pd, M.hum Latar belakang peneliti memilih judul skripsi “Optimalisasi Penanganan Muatan Peti Kemas untuk Menunjang Keselamatan Muatan Selama Dalam Pelayaran di Atas Kapal MV. Sinar Sumba” karena peneliti tertarik terhadap muatan peti kemas. Dari beberapa voyage ke pelabuhan-pelabuhan yang disinggahi, kapal MV. Sinar Sumba sering mengalami penggantian bay plan yang membuat kegiatan pemuatan bermasalah serta kurangnya sistem pengamanan akibat banyaknya alat lashing yang rusak . Dari latar belakang tersebut peneliti merumuskan masalah 1) Bagaimana pengaturan muatan peti kemas yang menyimpang dari bay plan di MV. Sinar Sumba. 2) Sejauh mana sistem pengamanan muatan peti kemas di kapal MV. Sinar Sumba Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dalam hal ini penulis mengumpulkan data berupa pendekatan terhadap obyek melalui observasi, wawancara secara langsung terhadap subyek serta menggunakan dokumen dan data-data yang berhubungan dengan penanganan dan pengaturan muatan peti kemas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap proses pemuatan kontainer ke atas kapal harus sesuai dengan bay plan dan sistem pengamanan kontainer harus sesuai prosedur . Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang sangat mempengaruhi dalam proses memuat adalah adanya penambahan muatan dan pembuatan bay plan yang tidak tepat serta rawannya sistem pengamanan peti kemas jika hanya menggunakan tali . Saran peneliti bagi perwira dan calon perwira kapal adalah belajar dan kuasailah ilmu penanganan muatan, khususnya dalam pembuatan bay plan yang berguna untuk penataan muatan diatas kapal dan selalu mengecek alat - alat lashing untuk muatan khususnya peti kemas, masih layak atau tidaknya untuk digunakan , agar tidak terjadi masalah yang sama lagi . Sebab pengaturan muatan yang sesuai bay plan sebelumnya sudah di pikirkan terlebih dahulu oleh perwira kapal dari nahkoda maupun mualim I karena untuk mengatur stabilitas kapal, serta sistem pengamanan muatan yang sesuai prosedur membuat kapal aman dalam berlayar. ABSTRACT Choirul Alfi Syahrir, 2019, NIT: 52155679.N, “Optimalization of Container Cargo Handling for Supporting Safety Cargo During Sailing on MV. Sinar Sumba Vessel”, Thesis of Nautical Program Study, Diploma IV Program, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Mentor I: Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si Mentor II: Vega Fonsula Andromeda, S.ST, S.Pd, M.hum The researcher choose” Optimalization of Container Cargo Handling for Supporting Safety Cargo During Sailing on MV. Sinar Sumba Vessel” because the researcher interesting with container. From the voyage of bearthing port, MV. Sinar Sumba often changing the bay plan that caused a loading activity having problem and lack of security system because a lot of lashing equipment broken. The researcher formalize some problem based on the background such as 1) How to setting the container that deviate from bay plan on MV. Sinar Sumba. 2) How far the container security system on MV. Sinar Sumba vessel. The method in this research is qualitative method that produce desctiptive data such as words from people and supervised behavior. In this case the researcher collecting data with approaching object from observation, direct interview with subject also document and data that connect with cargo handling. The result of this research show that every process of container loading have to follow the bay plan and security system have to folllow the procedure. From the research result we can conclude that the most influental factor in loading process is cargo addition and the incorrect bay plan, also the vulnerable of container security system if used rope only. The researcher advice for officer and vessel officer candidate is mastering the cargo handling knowledge, especially in bay plan creating and always check lashing equipment for cargo, especially the container still worthy or not, in order make sure there is doesn’t have same problem. Because the previous cargo handling which compatible with bay plan was thinked by officer from Master and first officer to controll vessel stability, also cargo security system which compatible with procedure of safety vessel production on sailing.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Penanganan, Muatan, dan Peti Kemas Key Word: Handling, Cargo, Container |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 03 Aug 2020 02:42 |
Last Modified: | 03 Aug 2020 02:42 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2453 |
Actions (login required)
View Item |