OPTIMALISASI PENANGANAN BONGKAR MUAT CRUDE PALM OIL DI KAPAL MT. GREEN GLOBAL

TIAS ARFALIAN, NOVIKI (2020) OPTIMALISASI PENANGANAN BONGKAR MUAT CRUDE PALM OIL DI KAPAL MT. GREEN GLOBAL. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155610N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155610 N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155610N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155610 N_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Tias Arfalian Noviki, 2019, NIT : 52155610.N , “Optimalisasi Penanganan Bongkar Muat Crude Palm Oil di kapal MT. Green Global”, skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Eko Murdiyanto, M.Pd., M.Mar. dan Pembimbing II: H. Amad Narto, M.Pd., M.Mar.E. Bongkar muat merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan di atas kapal baik ketika kapal bersandar di pelabuhan maupun ship to ship. bongkar muat di kapal tanker adalah suatu proses kegiatan memindahkan muatan cair dari ruang muat/tangki kapal ke tangki timbun suatu terminal ataupun sebaliknya yang berguna untuk kepentingan bersama. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam skripsi ini adalah diskriptif kualitaf dengan pendekatan fishbone sebagai teknik analisa data. Fishbone berbentuk menyerupai kerangka tulang ikan yang bagiannya menyerupai kepala dan tulang ikan. Fishbone disebut dengan diagram cause and effect untuk mengetahui hubungan sebab akibat dari faktor penyebab, dampak yang ditimbulkan serta upaya yang dilakukan untuk mengoptimalisasikan penanganan bongkar muat di kapal MT. Green Global. Hasil penelitian yang dilakukan, dapat disampaikan bahwa kurang optimalnya penanganan bongkar muat di kapal MT. Green Global disebabkan oleh kurang terawatnya alat-alat yang digunakan untuk bongkar muat, rusak dan kurang terawatnya cargo pump, kurangnya penerapan prosedur penanganan bongkar mua, serta kurangnya koordinasi dalam penanganan bongkar muat. Faktor-faktor tersebut berdampak pada kurang optimalnya penanganan bongkar muat pada saat pelaksanaan bogkar muat, jam kerja yang bertambah, rusak dan hilangnya peralatan yang digunakan untuk menunjang kegiatan bongkar muat, serta kesalah pahaman atau kurang koordinasi pada saat penanganan bongkar muat antara pihak kapal dan darat yang mengakibatkan miss komunikasi. Untuk mengatasi faktorfaktor tersebut dapat dilakukan dengan melakukan perawatan dan pengecekan tiap alat-alat yang di gunakan untuk bongkar muat, melakukan perbaikan dan perawatan secara rutin pada cargo pump , melakukan perawatan muatan, bongkar muat, dan tank cleaning sesuai prosedur, serta selalu melakukan safety meeting sebelum melakukan bongkar atau muat, dan selalu melakukan komunikasi antara pihak kapal dan darat selama proses bongkar muat. ABSTRACT Tias Arfalian Noviki, 2019, NIT: 52155610.N, " Optimization of Crude Palm Oil Loading and Discharging Handling on MT. Green Global", Thesis Study Program, Diploma IV Program, Semarang Merchant Marine Polytechnic, Advisor I: Capt. Eko Murdiyanto, M.Pd., M.Mar. and Advisor II: H. Amad Narto, M.Pd., M.Mar.E. Loading and discharging is one of the activities carried out on the ship both when the ship rests at the port and ship to ship. loading and unloading on tankers is a process of moving liquid cargo from the cargo hold / tank of the ship to the storage tank of a terminal or vice versa which is useful for the common good. The research method that the author uses in this thesis is descriptive quality with a fishbone approach as a data analysis technique. Fishbone is shaped like a skeleton of a fish whose parts resemble the head and bones of a fish. Fishbone is called the cause and effect diagram to determine the causal relationship of the causal factors, the impacts caused and the efforts made to optimize the handling of loading and discharging on MT. Green Global. The results of research conducted, it can be said that the handling of loading and discharging is not optimal on MT. Green Global is caused by poor maintenance of tools used for loading and discharging, damaged and poorly maintained cargo pumps, lack of application of all loading and handling procedures, and lack of coordination in handling loading and discharging. These factors have an impact on the suboptimal handling of loading and discharging during loading and discharging, increased working hours, damage and loss of equipment used to support loading and discharging activities, as well as misunderstanding or lack of coordination when handling stevedoring between ships and land which results in a communication miss. To overcome these factors can be done by maintaining and checking each tool used for loading and discharging, carrying out repairs and maintenance routinely on the cargo pump, carrying out cargo maintenance, loading and discharging, and tank cleaning according to the procedure, and always doing safety meeting before loading or discharging, and always communicating between the ship and land during the loading and discharging process.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : bongkar muat, optimalisasi, fishbone Keywords :loading and discharging, optimization, fishbone
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 03 Aug 2020 02:28
Last Modified: 03 Aug 2020 02:28
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2445

Actions (login required)

View Item View Item