PENANGGULANGAN DAN PENCEGAHAN TERJADINYA KARAT PADA BAGIAN-BAGIAN KAPAL LPG/C GAS NURI ARIZONA

NAUROTUL, MUFIDATUL HASNA (2020) PENANGGULANGAN DAN PENCEGAHAN TERJADINYA KARAT PADA BAGIAN-BAGIAN KAPAL LPG/C GAS NURI ARIZONA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155662N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155662N_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155662N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155662N_Open_Access.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Hasna, Naurotul Mufidatul, 52155662 N, 2020, “Penanggulangan Dan Pencegahan Terjadinya Karat Pada Bagian-Bagian Kapal LPG/C Gas Nuri Arizona”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Dwi Antoro, MM, M.Mar, Pembimbing II: Capt. Firdaus Sitepu, S.ST., M.Si, M.Mar. Dalam skripsi ini latar belakang yang mendasari penulisannya adalah pentingnya perawatan khususnya perawatan karat guna menunjang kelancaran operasional kapal. Dengan dasar pemikiran tersebut penulis memberikan rumusan masalah ”Faktor-faktor apakah yang menyebabkan terjadinya karat diatas kapal, bagaimana upaya untuk menanggulangi terjadinya karat di kapal LPG/C Gas Nuri Arizona dan bagaimana upaya untuk mencegah terjadinya karat di kapal LPG/C Gas Nuri Arizona?” Metode analisis data yang digunakan oleh peneliti dalam menyampaikan masalah adalah metode fishbone untuk menggambarkandan menguraikan objek yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti pada saat praktek di kapal LPG/C Gas Nuri Arizona dengan menggunakan data-data yang ada dan melihat situasi di lapangan, maka penulis mendapatkan gambaran yang jelas tentang cara dan system perawatan beserta kendala yang ditemui seperti kurangnya pengetahuan dari awak kapal dan kurangnya kesadaran akan pentingnya perawatan. Untuk dapat mengatasi dan dapat mengoptimalkan perawatan maka cara perawatan yang baik harus disusun dan dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang ada. Untuk dapat melaksanakan perawatan yang baik, terlebih dahulu harus mengetahui jenis dan penyebab karat yang terjadi. Dengan mengetahui penyebab dan jenis karat yang terjadi, maka dapat dipilih cara yang tepat untuk penanggulangan dan pencegahan yang sesuai dengan karat yang terjadi tersebut. Sistem perawatan harus disusun agar seluruh kegiatan perawatan dapat terkoordinir dengan baik, sehingga operator kapal dapat dengan cepat untuk menyusun program kerja perawatan dan pelaksanaan perawatan berjalan dengan efektif. Sistem kerja yang dibuat harus disusun secara sistematis sehingga sistem tersebut dapat dijadikan sumber informasi kearsipan. Kearsipan tersebut digunakan sebagai bahan referensi terhadap pelaksanaan perawatan selanjutnya. Simpulan yang dapat diambil adalah terjadinya karat disebabkan karena cara dan sistem perawatan yang tidak tepat yaitu cara yang digunakan tidak sesuai dengan ketentuan dan sistem yang diterapkan tidak disusun secara sistematis dan karena pengaruh lingkungan yaitu garam, kelembaban udara dan temperatur udara. Saran yang dapat disampaikan adalah setiap pekerjaan dan perawatan harus dilakukan secara sistematis untuk mendapatkan hasil maksimal. ABSTRACT Hasna, Naurotul Mufidatul, 52155662 N, 2020, " Mitigation and Prevention of Rust on Parts of vessel LPG/C Gas Nuri Arizona “, Diploma IV Program Nautical Study Program, Semarang Merchant Marine Polytechnic, Advisor I : Capt. Dwi Antoro, MM, M.Mar, Advisor II : Capt. Firdaus Sitepu, S.ST., M.Si, M.Mar. In this thesis the background to the writing is the importance of maintenance, especially rust treatment to support the smooth operation of the ship . With the basic idea that the author gives the formulation of the problem " Factors whether that led to the occurrence of rust at the top of the ship , how efforts to cope with the occurrence of rust in the vessel LPG / C Gas Nuri Arizona and How can efforts to prevent rust in the vessel LPG / C Gas Nuri Arizona ? " Data analysis method used by researchers in conveying problems is a fis hbone method to describe and describe the object under study. Based on the results of the study were conducted research on current practices in the vessel LPG/C Gas Nuri Arizona by using the data there and see the vessel real with situation in the field , then writers get a picture that is clear about how and system maintenance as well as the constraints are encountered such as lack of knowledge of the crew ship and lack of awareness will be the importance of treatment . To be able to cope with and be able to optimize treatment, good care must be arranged and implemented according to existing procedures. To be able to carry out good care, you must first know the type and cause of rust that occurs. By knowing the causes and types of rust that occur, it can be chosen the right way for prevention and prevention in accordance with the rust that occurs. The maintenance system must be structured so that all maintenance activities are well coordinated, so that ship operators can quickly arrange an effective maintenance work program and carry out maintenance operations. The work system must be systematically arranged so that the system can be used as a source of archival information. The archives are used as reference material for the implementation of further treatments. The conclusion that can be taken is the occurrence of rust caused by improper means and treatment systems that is the way used is not in accordance with the provisions and the system applied is not systematically arranged and due to environmental influences namely salt, air humidity and air temperature. The advice that can be delivered is that every job and treatment must be carried out systematically to get maximum results.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penanggulangan, Pencegahan, Karat, Bagian-bagian Kapal Keywords : Countermeasures, Prevention, Rust, Ship Parts
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:17
Last Modified: 30 Jul 2020 02:17
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2414

Actions (login required)

View Item View Item