PELAYANAN PRIMA PETUGAS PANDU DI TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG

M. PANJI, KRISNA AZIZI (2020) PELAYANAN PRIMA PETUGAS PANDU DI TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155658N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155658 N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155658N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155658 N_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI M. Panji Krisna Azizi, 52155658, 2020, “Pelayanan Prima Petugas Pandu di Terminal Peti Kemas Semarang”, Program Diploma IV, Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing 1 dan 2: Dr. Capt. Suwiyadi, M.Pd., M.Mar. dan Poernomo Dwiatmojo, SH, MH. Untuk mendukung kelancaran transportasi angkutan laut dalam pelayanan kapal, maka dalam penulisan skripsi ini menguraikan tentang bagaimana, “Pelayanan Prima Petugas Pandu di Terminal Peti Kemas Semarang”, dalam pelayaran di Terminal Peti Kemas Semarang hadirnya pandu sangat berperan penting. Hal ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan prima petugas pandu, mengetahui jumlah kapal yang dilayani petugas pandu, mengetahui kendala yang dijumpai dalam pelayanan petugas pandu dan mengetahui upaya dalam mengatasi kendala yang dijumpai petugas pandu di TPKS. Penulisan ini berlandaskan teori-teori yang menjelaskan tentang judul yang diangkat berkaitan dengan pemanduan sesuai tugas pokoknya dan UndangUndang tentang Pelayaran khususnya di Terminal Peti Kemas Semarang. Disertai pula kerangka berpikir yang mendasari penulisan skripsi.Metode penelitian yang digunakan oleh penulis di dalam menyampaikan masalah adalah deskriptif kualitatif untuk menggambarkan dan menguraikan objek yang diteliti. Berdasarkan cara memperolehnya, data yang diperoleh selama penelitian sebagai pendukung tersusunnya penulisan skripsi ini adalah menggunakan data primer dan sekunder. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa pemanduan di Terminal Peti Kemas Semarang: 1) Pelaksanaan pelayanan petugas pandu: a) Sesuai dengan tugas pokoknya. b) prosedur pelayanan jasa pemanduan di Terminal Peti Kemas Semarang. 2) Jumlah kapal yang mendapatkan pelayanan pemanduan. 3) Kendalakendala yang dalam pelayanan petugas pandu. 4) Upaya untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan pelayanan petugas pandu. Berdasarkan hasil penelitian ini simpulan pada pelayanan petugas pandu, yaitu: a) Pelaksanaan pelayanan petugas pandu sesuai tugas pokoknya. b) Jumlah kapal yang dilayani oleh petugas pandu pada bulan Desember tahun 2019 sebanyak 76 kapal. c) Kendala kendala yang terjadi adalah kecepatan angin, lebar alur yang sempit dan sering dijumpai kendala mesin kapal. d) dari kendala tersebut dapat diatasi dengan pengawasan pada alur, komunikasi dengan baik dan pelaksanaan pemanduan dibantu dengan kapal tunda. ABSTRACTION M. Panji Krisna Azizi, 52155658, 2020, "Excellence Service of Pilot in Container Terminal of Semarang ", Diploma IVProgram, Nautical Department, Semarang Merchant Marine Polytechnic, Advisor I and 2: Dr. Capt. Suwiyadi, M.Pd., M.Mar and Poernomo Dwiatmojo, SH, MH. To carrying the good of shipping of sea transportation in ship serving so for this my thesis describe about how “Excellence Service of Pilot in Container Terminal of Semarang " . The contribution Container Terminal of Semarang, the present of Pilot is very important. Its purpose to know the prime pilot's service, to know the number of ships serviced by the pilots, to know the obstacles encountered in the service of the pilots and to know of the efforts to overcome the obstacles encountered by the pilots at TPKS. This writting according theories that explain the purpose about the tittle related to the Pilotage of its main assignment based to the laws about maritime especially in Container Terminal of Semarang. Also included thinking framework which based of writting the thesis. The research method used by the author in solving problems is descriptive qualitative to describe and describe the object being discussed. Based on how it was obtained, the data obtained during the study as a support for the preparation of this research proposal using primary and secondary data. The research results obtained that pilotage on the Container Terminal of Semarang : 1) The implementation of serving pilot : a) Based on main assignment. b) Procedure costumer to get service of pilot 2) The number vessel of served by Pilot 3) The obstacles which happen in serving pilot. 4) Efforts to solving obstacle in pilot service. According to this research, conclusion in tugboat service are a) The implementation of Service Pilot based on main assignment b) The number of ship served by pilot on December 2019 are 76 ships. c) The obstacles which happen in serving tugboat are the wind speed, the narrow channel and also often meet the trouble engine of the vessel. d) From those obstacles can be solving with the supervising to the channel the good communication and the implementation of towing helped with tugboat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pandu, Terminal Peti Kemas Semarang. Keywords: Pilot, Container Terminal of Semarang.
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:13
Last Modified: 30 Jul 2020 02:13
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item View Item