PENANGANAN CARGO LINE BLOCK SETELAH PROSES BONGKAR MUATAN LOW SULPHUR WAXY RESIDUE (LSWR) DI MT. SUCCESS ALTAIR XLII

ACHMAD, SINGGIH SETIAJI (2020) PENANGANAN CARGO LINE BLOCK SETELAH PROSES BONGKAR MUATAN LOW SULPHUR WAXY RESIDUE (LSWR) DI MT. SUCCESS ALTAIR XLII. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155583N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155583 N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155583N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155583 N_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (12MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Setiaji, Achmad Singgih, 52155583 N, 2020, “Penanganan Cargo Line Block Setelah Proses Bongkar Muatan Low Sulphur Waxy Residue (LSWR) di MT. Success Altair XLII”, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Dwi Antoro, M.M., M.Mar. Pembimbing II: Nur Rohmah, SE., M.M. Crude oil merupakan bahan bakar fosil yang terdapat di bumi dan terbentuk dari fosil tumbuhan dan hewan selama jutaan tahun. Low Sulphuw Waxy Residue (LSWR) merupakan produk bottom dari proses destilasi crude oil berkadar sulfur rendah. LSWR tergolong ke dalam minyak berat yang mudah membeku dan titik didih tinggi sehingga suhu minyak perlu dijaga agar tetap tinggi sehingga muatan tetap cair. Setelah proses bongkar muatan LSWR kapal MT. Success Altair XLII tidak melakukan blow dikarenakan boiler dan generator mengalami kerusakan yang mengakibatkan sisa muatan pada pipa muat membeku. Akibatnya ketika kapal akan dimuat kembali, muatan tidak dapat masuk ke dalam tangki dan mengganggu stabilitas kapal yang dapat membahayakan keselamatan kapal dan crew kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terjadinya cargo line block di MT. Success Altair XLII, untuk mengetahui cara mengantisipasi agar tidak terjadi cargo line block di MT. Success Altair XLII serta untuk mengetahui cara menangani jika terjadi cargo line block di MT. Success Altair XLII. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diambil dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan riset lapangan yang meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga didapatkan teknik keabsahan data. Teknik analisa data menggunakan fishbone analysis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penyebab terjadinya cargo line block setelah proses bongkar muatan di MT. Success Altair XLII adalah sisa muatan setelah proses bongkar pipa muat membeku dan tidak dilakukannya blow dengan angin atau steam untuk membersihkan pipa muat dikarenakan rusaknya boiler dan generator kapal. Cara mengantisipasi agar tidak terjadi cargo line block di MT. Success Altair XLII adalah melakukan perawatan pada mesin agar saat bongkar mesin dapat bekerjad dengan baik, memastikan spare part di atas kapal agar perbaikan dapat dilakukan dengan cepat serta melakukan blow dengan angin atau steam setelah proses bongkar sebelum sisa muatan membeku. Cara menangani jika terjadi cargo line block di MT. Success Altair XLII adalah melakukan blow dengan angin atau steam pada siang hari dan membuka strainer memasukan hose yang sudah terhubung dengan steam agar sisa muatan yang membeku dapat meleleh. ABSTRACT Setiaji, Achmad Singgih, 52155583 N, 2020, "Handling Cargo Line Block After Discharge Low Sulphur Waxy Residue at MT. Success Altair XLII”, Diploma IV Program, Nautical Study Program, Semarang Merchant Marine Polytechnic, Advisor I: Capt. Dwi Antoro, M.M, M.Mar. Supervisor II: Nur Rohmah, SE., M.M. Crude oil is a fuel from the earth that made from plant and animal fossil in million years. Low Sulphur Waxy Residue (LSWR) is a bottom product form distillation process of crude oil with low Sulphur content. LSWR classified on heavy oil that easy to harden and has high boiling point so we should keep temperature of the oil still high to make oil still liquid form. After discharging LSWR MT. Success Altair XLII do not blow because boiler and generator have trouble and which cause oil on cargo line going harden. This causes when ship will be reloaded, cargo cannot go to and affected to the stability which can dangerous for crew and vessel. This research aims to find out why cargo line block occurs at MT. Success Altair XLII, how to anticipate that cargo line block does not occur and handle if cargo line block was happened. The research methods used descriptive qualitative. Sources of data taken are primary and secondary data. The technic to gather the data in field research includes interviews, observations and documentation so we get the data validity technique. To analyze this data, this research used fishbone analysis. The results of this research that the cause of the cargo line block after discharging at MT. Success Altair XLII is the remaining cargo after discharging at pipe line process harden and does not blow with the wind or steam to clean the pipe line due to damage to the boiler and the generator of ship. How to anticipate that cargo line blocks do not occur in MT. Success Altair XLII is doing maintenance on the engine so that when discharging the engine can work well, ensure spare parts on the ship so that repairs can be done quickly and blow with the wind or steam after the discharging process before the remaining of the cargo harden. How to handle if a cargo line block occurs at MT. Success Altair XLII is blowing with wind or steam during the day and opening the strainer to put in the hose that has been connected with steam so that the remaining of the cargo can melt.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Cargo Line Block, Proses Bongkar, Muatan LSWR Keywords: Cargo Line Block, Discharging, LSWR
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:12
Last Modified: 30 Jul 2020 02:12
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2406

Actions (login required)

View Item View Item