ANALISIS KEAUSAN WILDCAT PADA WINDLASS DI MT. MERBAU P.37

MUHAMMAD, FAKHRUDDIN FAKHRI (2020) ANALISIS KEAUSAN WILDCAT PADA WINDLASS DI MT. MERBAU P.37. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155625N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155625 N_SKRIPSI_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155625N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155625 N_SKRIPSI OPEN ACCESS.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Muhammad Fakhruddin Fakhri, NIT: 52155625 N, 2020, “Analisis Keausan Wildcat pada Mesin Windlass di Kapal MT. Merbau P.37”, Skripsi Program Studi Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Hadi Supriyono, MM, M.Mar., Pembimbing II: Ria Hermina Sari, SS., M.Sc. Wildcat merupakan salah satu komponen utama pada windlass yang berfungsi untuk mengangkat atau menjatuhkan rantai yang terhubung dengan jangkar. Ketika penulis melakukan praktik laut di Kapal MT. Merbau P.37, ditemukan adanya masalah atau kendala pada bagian wildcat, dimana wildcat mengalami keausan, sehingga windlass tidak dapat beroperasi dengan maksimal pada saat proses heave up jangkar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya keausan pada wildcat, mengetahui dampak yang ditimbulkan dari keausan wildcat, dan untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan ketika wildcat mengalami keausan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keausan wildcat meliputi perawatan yang tidak sesuai Standard Operasional Procedure (SOP), penggunaan jangkar bagian kiri secara terus menerus, bentuk wildcat, dan lingkungan. Adapun dampak yang ditimbulkan dari ausnya wildcat adalah terhambatnya rantai jangkar pada wildcat saat proses heave up, keterlambatan saat proses sandar di dermaga, dan terbatasnya olah gerak kapal saat keadaan darurat. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi keausan wildcat pada windlass antara lain dengan mengurangi tegangan pada rantai pada saat heave up jangkar dan penambahan stripper bar. Guna meminimalisir keausan wildcat pada windlass di kapal MT. Merbau P.37, penulis menyarankan agar dilakukan perawatan rutin dan berkala sesuai dengan instruction manual book, pelaksanaan evaluasi oleh crew yang menangani langsung perawatan wildcat pada mesin bantu windlass. Selain itu, perlu adanya pelaksanaan re-build atau pengelasan untuk penambahan pelat besi pada bagian wildcat yang mengalami keausan ABSTRACT Muhammad Fakhruddin Fakhri, NIT: 52155625 N, 2020, “Analysis of Wildcat Wear of Windlass Engine on MT. Merbau P.37”, Thesis of Diploma IV Programme, Nautical Studies, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, 1 Supervisor: Capt. Hadi Supriyono, MM, M.Mar., 2 st Supervisor: Ria Hermina Sari, SS., M.Sc. nd Wildcat as one of important components on the windlass engine functions to lift and drop the chain anchors. During sea project on MT. Merbau P.37, the author found a problem on the wildcat, in which the wildcat was worn-out, so that the windlass cannot operate maximally during the anchor heave-up process. This research aims to find out the causal factors of the wildcat wear, the impacts, and the efforts taken to solve the wildcat wear. This research makes use of descriptive qualitative methods. Data on this research is obtained by observation, interview, and study literature. The analysis shows that the causal factor of wildcat wear are inappropriate wildcat maintenance, in which it did not fully in accordance with Standard Operasional Procedure (SOP); continuous use the left anchor only; the shape of wildcat it self; and the environment. The impacts of the wildcat wear are the chain anchors stuck on the wildcat during anchor heave-up process, delays during berthing process on the quay, and limited maneuver during emergency situation. The efforts done to overcome the wildcat wear are reducing the chain anchor tension anchor heave-up process and adding stripper bar. To wildcat wear of the windlass engine on MT. Merbau P.37, the authors advises to do routine and periodic maintenance according to instruction manual book and conduct evaluation on crew ships who perform the maintenance. Moreover, it is necessary for MT. Merbau P.37 to re-build or welding to add iron plates on the wildcat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keausan, mesin windlass, wildcat keywords: wear, windlass engine, wildcat.
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:01
Last Modified: 30 Jul 2020 02:01
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2392

Actions (login required)

View Item View Item