AHMAD, SOFYAN (2020) JATUHNYA KONTAINER SAAT BERLAYAR DI CUACA BURUK: STUDI KASUS DI MV. BEA SCHULTE SAAT PELAYARAN DARI SYDNEY KE MELBOURNE. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (52155585N_PROSIDING_FULLTEXT)
52155585N_PROCEEDING_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Abstaksi - Lashing adalah elemen penting dalam proses pemuatan kontainer. MV. Bea Schulte melakukan perjalanan dari Sydney ke Melbourne dalam cuaca buruk, terjadi insiden jatuhnya kontainer dari bay 02 ke bay 06. Penelitian ini bertujuan mengetahui penyebab insiden jatuhnya kontainer dari bay 02 ke bay 06 dengan observasi, wawancara dengan narasumber dan studi pustaka, kemudian dianalisa secara kualitatif dengan diagram fishbone. Hasil analisa diuraikan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian. Hasil analisis dan pembahasan ditemukan jatuhnya kontainer dari bay 02 ke bay 06 disebabkan kurang optimalnya penerapan cargo securing manual pada proses lashing. Hal ini dikarenakan miskomunikasi antara crew serta stevedore sehingga lashing kontainer kurang maksimal. Ditambah dengan keterbatasan lashing material di atas kapal. Serta, alur pelayaran dengan cuaca buruk sehingga kapal mengalami rolling dan pitching, menyebabkan lashing kontainer menjadi longgar. Kontainer di tier kedua dan ketiga dalam keadaan kosong, membuat kontainer tersebut mudah goyang, terbawa angin, dan akhirnya jatuh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: lashing, cargo securing manual, container |
Subjects: | Prosiding > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 00:52 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 00:52 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2385 |
Actions (login required)
View Item |