OPTIMALISASI KEGIATAN LASHING MUATAN PETIKEMAS UNTUK MENUNJANG KESELAMATAN PELAYARAN DI MV. TANTO BERSATU

DADANG, ICHSAN MAUALANA (2020) OPTIMALISASI KEGIATAN LASHING MUATAN PETIKEMAS UNTUK MENUNJANG KESELAMATAN PELAYARAN DI MV. TANTO BERSATU. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155680N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155680 N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155680N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155680 N_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Intisari Maulana, Dadang Ichsan. 52155680 N. 2020. “Optimalisasi Kegiatan Lashing Muatan Petikemas Untuk Menunjang Keselamatan Pelayaran di MV. Tanto Bersatu”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Capt. Dwi Antoro, M.M., M.Mar, Pembimbing II : Capt. Suherman, M.Si., M.Mar. Untuk mengetahui bagaimana upaya optimalisasi lashing muatan petikemas diatas kapal untuk menunjang keselamatan pelayaran, maka dalam penulisan skripsi ini menguraikan tentang bagaimana, “Optimalisasi Kegiatan Lashing Muatan Petikemas Untuk Menunjang Keselamatan Pelayaran di MV. Tanto Bersatu”, karena pelaksanaan kegiatan lashing muatan di atas kapal sangat penting untuk menjamin keselamatan muatan, crew kapal dan kapal itu sendiri. Akan tetapi masih ada kapal yang melakukan kegiatan lashing muatan petikemas yang kurang optimal, yang dikarenakan terbatasnya peralatan lashing muatan petikemas yang ada di atas kapal. Sehingga muatan petikemas bisa goyang, bergeser atau bahkan sampai terjatuh ke laut yang bisa mengganggu stabilitas kapal dan membahayakan keselamatan crew kapal dan kapal itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan lashing muatan yang tidak sesuai standar prosedur di MV. Tanto Bersatu, cara menjaga sarana kegiatan lashing muatan agar dapat terus terjaga di MV. Tanto Bersatu, dan untuk mengetahui cara melakukan lashing muatan agar optimal dengan keterbatasan alat lashing di MV. Tanto Bersatu. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diambil dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah riset lapangan yang meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga didapatkan teknik keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kurang optimalnya kegiatan lashing muatan yang terjadi di MV. Tanto Bersatu sehingga bisa membahayakan keselamatan kapal selama pelayaran adalah karena keterbatasan sarana lashing muatan karena banyak peralatan lashing muatan yang rusak dan hilang karena terjatuh ke laut dan juga karena kerja dari buruh darat yang bekerja di atas kapal kurang maksimal dalam kegiatan lashing muatan. Cara atau tindakan yang dilakukan oleh crew kapal dalam menjaga sarana lashing muatan adalah dengan memberikan gemuk secara berkala terhadap peralatan lashing muatan, menempatkan alat-alat lashing pada tempat yang tepat, dan memperbaiki alat-alat lashing yang rusak. Cara yang dilakukan oleh crew kapal MV. Tanto Bersatu agar lashing muatan dapat optimal adalah dengan mengutamakan muatan petikemas yang terletak di paling tepi, dengan sistem double cross lashing di sisi depan maupun belakang dari muatan petikemas. Serta memastikan peralatan lashing sudah terpasang dengan kencang dan sempurna. Untuk petikemas yang berada di tengah menggunakan peralatan lashing yang masih tersisa. ABSTRACT Maulana, Dadang Ichsan. 52155680 N. 2020. “Optimizing Container Lashing Activities to Support Shipping Safety in MV. Tanto Bersatu”, Minithesis of Nautical Department, Diploma IV Program of Semarang Merchant Marine Polytechnic, Mentor I : Capt. Dwi Antoro, M.M., M.Mar, Mentor II : Capt. Suherman, M.Si., M.Mar. To find out how to optimize lashing of container loads on ships to support shipping safety, this thesis describes how, "Optimizing Container Lashing Activities to Support Shipping Safety in MV. Tanto Bersatu", because the implementation of cargo lashing activities on board is very important to ensure the safety of the cargo, crew and the ship itself. However, there are still ships that carry out sub-container lashing activities that are less than optimal, which is due to the limited container cargo lashing equipment on board. So that the container load can shake, shift or even fall into the sea which can disrupt the stability of the ship and endanger the safety of the crew and the ship itself. This study aims to determine the effect of load lashing activities that do not comply with standard procedures in MV. Tanto Bersatu, how to maintain the activity of cargo lashing so that it can be maintained in the MV. Tanto Bersatu, and to find out how to do cargo lashing to be optimal with the limitations of the lashing tool in MV. Tanto Bersatu. The research method in this thesis is descriptive qualitative. Data sources are taken from primary and secondary data. The data collection technique that I use is field research which includes interviews, observation and documentation so that the data validity technique is obtained. Based on the results of this study it was concluded that the suboptimal lashing of activities that occurred in the MV. Tanto Bersatu so that it could endanger the safety of ships during the voyage is due to the limitation of cargo lashing facilities because many cargo lashing equipment is damaged and lost due to falling into the sea and also because the work of land laborers working on ships is less than optimal in cargo lashing activities. The method or action taken by the ship's crew in maintaining the cargo lashing facility is by periodically giving grease to the cargo lashing equipment, placing the lashing equipment in the right place, and repairing the lashing equipment that is damaged. The method used by the crew of MV. Tanto Bersatu in order to optimally cargo lashing is to prioritize container loads located at the very edge, with a double cross lashing system on the front and rear of the container cargo. And make sure the lashing equipment is mounted tightly and perfectly. For containers in the middle, use the remaining lashing equipment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Lashing Muatan Petikemas, Keselamatan Pelayaran, Optimalisasi. Keywords : Container Cargo Lashing, Shipping Safety, Optimization.
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 28 Jul 2020 01:59
Last Modified: 28 Jul 2020 01:59
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2366

Actions (login required)

View Item View Item