ANALISA KELALAIAN TUGAS JAGA DI KAPAL MV. ANDHIKA PARAMESTI SAAT SANDAR DI SURALAYA

ERVINDA, AGUNG SAMUDRA (2020) ANALISA KELALAIAN TUGAS JAGA DI KAPAL MV. ANDHIKA PARAMESTI SAAT SANDAR DI SURALAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145243N_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145243 N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Pdf (51145243N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145243 N_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI ERVINDA AGUNG SAMUDRA, 2020, NIT: 51145243.N, “Analisa Kelalaian Tugas Jaga Di Kapal MV. Andhika Paramesti Saat Sandar di Suralaya”,Program Studi Nautika, program diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Arika Palapa, M.Si, M.Mar. dan Pembimbing II: Daryanto, SH, MM. Kapal adalah sarana angkutan laut yang paling dibutuhkan untuk pengangkutan barang karena dapat dilaksanakan dengan jumlah yang besar serta biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan sarana angkutan yang lain. Namun hal tersebut di atas tidak dapat terlaksana dengan baik tanpa kecakapan pelaut yang baik dan bertanggung jawab. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pelaksanaan dinas jaga yang dilaksanakan oleh anak buah kapal harus sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku sesuai dengan standart international seperti : tugas jaga di pelabuhan, jaga geladak dan lain sebagainya, dan nakhoda harus mengontrol kegiatan anak buah kapal yang bertujuan untuk meminimalkan dan mencegah hal-hal yang dapat membahayakan kapal, manusia, muatan dan lain sebagainya, sehingga diharapkan tercapainya keadaan yang aman dan terkendali sesuai yang diharapkan oleh semua pihak. Dalam skripsi ini juga penulis menggunakan kaidah yang diambil dari teori yang berhubungan dengan topik yang dibahas. Selain itu metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah kualitatif, sedangkan untuk metode penyelesaian yang digunakan adalah fishbone. MV. Andhika Paramesti merupakan jenis kapal curah yang dimiliki PT. Andhika Lines. MV. Andhika Paramesti diawaki oleh beraneka macam suku bangsa, beraneka macam sifat dan tingkah lakunya dan terdapat keanekaragaman yang dilihat dari latar belakang pendidikan dalam hal ijazah laut yang dimiliki, akan mempengaruhi proses bongkar muat, terutama perwira kapal yang akan mempengaruhi pola pikir dari setiap induvidu dalam melihat segala sesuatu, baik dalam mengambil keputusan, pemahaman mengenai prosedur dan penguasaan peralatan. Pemahaman prosedur dinas jaga yang kurang optimal dan ketidakdisiplinan para awak kapal MV. Andhika Paramesti, maka dari itu Nakhoda yang ditunjuk sebagai wakil atau utusan dari perusahaan harus memberikan pengarahan dan penjelasan terhadap prosedur jaga di kapal untuk mencegah timbulnya kesalahan-kesalahan tersebut. Untuk itu, diperlukan kecakapan antar petugas jaga yang baik agar terwujudnya suatu tugas jaga yang aman selama sandar dipelabuhan. ABSTRACT ERVINDA AGUNG SAMUDRA, 2020, NIT: 51145243.N, “Analysis of watchkeeping negligence when MV. Andhika Paramesti was berthed at the Suralaya”, Nautical department, program of diploma IV, Merchant Marine Polytechnic Of semarang, Lecture I: Capt. Arika Palapa, M.Si, M.Mar. and Lecture II: Daryanto, SH, MM. The ship is a marine transportation facilities are most needed for the transport of goods due to be carried out by a large amount as wel as the costs incurred are less than the other means of transport. However, the above can not be successful without good skill and responsbility of seafareer. To avoid things that are not desirable such : theft and other hazard that can harm various parties. Implementation of guard services performed by the crew shall be in accordance with the rules applicable in accordance with the International standards such as : guard duty at the port, keep the deck etc, and the master must control the activities of the crew that aims to minimize and prevent things which may endanger the ship, human, cargo, etc. So it is expected to achieve a secure and controlled circumstances as expected by all parties. In this thesis the authors also use rules taken from theories related to the topics discussed. In addition, the research method used by the writer is qualitative, while the method used is fishbone. MV. Andhika Paramesti is a type of bulk carrier ship owned by PT. Andhika Lines. MV. Andhika Paramesti was manned by various ethnic groups, a wide range of properties and behaviour and there is a diversity of educational backgrounds seen in the case of marine diploma held, will affect the loading and unloading process, especially the ship’s officers that will affect the pattern think of each individual in to see everything, either in making decisions, understanding of procedures and control procedures equipment. Comprehension suboptimal guard duty and indiscipline of the crew members of MV. Andhika Paramesti, therefore Master appointed as representative or envoy of the company should provide guidance and insight to watch the procedure on the ship to prevent such errors. For that, they need a good sailor skills so that these problems can be overcome in order to realize a safe watchkeeping was berthed at port.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Dinas jaga, Pelabuhan, Kelalaian Keywords: Watchkeeping, Port, Negligence
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2020 02:10
Last Modified: 27 Jul 2020 02:10
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2358

Actions (login required)

View Item View Item