ANALISIS PENYEBAB KANDASNYA KAPAL MT. MENGGALA P.34 DI PERAIRAN TBBM PERTAMINA DOBO DILIHAT DARI FAKTOR INTERNAL DAN EXTERNAL

MOCH. DENY, PRAMANA PUTRA (2020) ANALISIS PENYEBAB KANDASNYA KAPAL MT. MENGGALA P.34 DI PERAIRAN TBBM PERTAMINA DOBO DILIHAT DARI FAKTOR INTERNAL DAN EXTERNAL. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155628N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155628 N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155628N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155628 N_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

INTISARI Moch Deny Pramana Putra, 2020, NIT: 52155628. N, "Analisis Sebab Kandas Kapal MT. Menggala P.34 dari penyebab internal dan external kapal serta mencari solusi agar penyebab tersebut dapat diselesaikan", tesis Program Studi Bahari, Program Diploma IV, Studi Politeknik Berlayar Semarang, Pembimbing I: Kapten Arika Palapa, M.Si., M.Mar, Pembimbing II: Kapten Karolus Geleuk Sengadji, M.M. Kandas adalah suatu keadaan darurat kapal yang disebabkan karena kandasnya suatu kapal pada dasar perairan baik secara sengaja ataupun tidak sengaja sehingga dapat membahayakan keselamatan jiwa manusia, harta benda dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Faktor internal dan external penyebab kandasnya kapal MT. Menggala P.34 yang kandas di perairan TBBM Pertamina Dobo 2) Tindakan yang diambil sebagai solusi penyelesaian dari faktor internal dan external penyebab kandasnya Kapal MT. Menggala P.34. Landasan teori yang digunakan dalam penulisan skripsi ini bersumber pada buku yang disusun oleh Agus Hadi Purwantomo dan Dedy Sugiantoro yang di beri judul Emergency Prosedur dan Sar. Metode Pengumpulan data dilakukan dengan cara, observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi dengan mengamati pada saat terjadinya kandas di MT. Menggala P.34 . Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data fishbone. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa penyebab kandasnya kapal MT. Menggala P.34 yang dipengaruhi oleh faktor internal dan external kapal. Adapun faktor internal penyebab kandasnya kapal ialah kelalaian saat melaksanakan pengamatan keliling, penggunaan radar dan alat – alat navigasi tidak dilaksanakan dengan baik, pasang surut air laut gagal diantisipasi serta komunikasi internal dan external tidak dilaksanakan dengan baik kemudian adapun faktor external penyebab kandasnya kapal adalah adanya karang bertumbuh yang meluas dari area bouy safe water. Tindakan yang dilakukan sebagai solusi penyelesaian dari faktor internal dan external ialah dilaksanakanya safety meeting dan familliarisasi kepada seluruh perwira jaga dan kru kapal dari dek dan mesin agar memahami tugas dan tanggung jawab selama proses olah gerak berlangsung. ABSTRACT Moch Deny Pramana Putra, 2020, NIT: 52155628. N, "Analysis of the Causes of Shipwreck MT. Menggala P.34 from internal and external vessels and finding solutions to be used", thesis Maritime Study Program, Diploma IV Program, Sailing Polytechnic Studies Semarang, Advisor I: Captain Arika Palapa, M.Sc., M.Mar, Advisor II: Captain Karolus Geleuk Sengadji, MM. Vessels aground is a part of emergency of a ship caused by the aggression of a ship on the bottom of the water either intentionally or unintientionally s that it can endanger the safety of human life, property and the enviroment. This reasearch aims to determine: 1) internal and external factors causing MT. Menggala P.34 aground in waters of TBBM Pertamina Dobo. 2) Action tontaken as a solution to the sttlement of internal and external factors causing the wrecking of MT.Menggala P.34. The theoretical foundation used in thi thesis was sourced from a book compiled by Agus hadi Purwantomo and Dedy Sugiantoro which was given the tittle Emergency Prosedures and SAR. Methods data collection is done by means of obsercation, interviews, literarture study and documentation by observing when the MT. Menggala aground. The research method used is descriptive qualitative using fishbone data analysis techniques. The result of research are that MT.Menggala P.34 aground influeced by internal and external factor causing ship aground are neglugence when carrying out observation, the use of radar and navigational equipment are not implemented properly. Tidal water fails to be anticipated properly and internal and external communication is not implemented properly then the external factor causing ship aground is growing coral that extend from the bouy safe water area. The action taken as a solution of the internal and external factor is the implementation of safety meeting and familliaritation to all ship officer egineer duty crews and crews from deck and engine in order to understand their duties and responsibilities during the process of manouvering ship.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis, Kandas, Internal dan External Keywords: Analysis, Aground, Internal and External
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 27 Jul 2020 02:09
Last Modified: 27 Jul 2020 02:09
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2356

Actions (login required)

View Item View Item